Lihat ke Halaman Asli

Syifaa NurHalizah

Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Diponegoro

Mahasiswa Matematika UNDIP Bantu Tingkatkan Kemampuan Matematika Siswa dalam Belajar Mandiri dengan Modul Pembelajaran Matematika

Diperbarui: 8 Februari 2024   11:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Bligorejo, Pekalongan (06/02/2024) -- Matematika adalah ilmu yang pasti didapat oleh siswa mulai dari jenjang sekolah dasar, menengah, hingga atas. Bahkan dalam dunia perkuliahan, beberapa jurusan selain jurusan Matematika juga pasti mendapatkan pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan penerapan ilmu matematika yang luas dalam kehidupan manusia. Sehingga penting bagi siswa untuk mempelajari matematika sejak di bangku sekolah dasar. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, akses pembelajaran semakin luas sehingga siswa dapat belajar baik secara langsung bersama guru, maupun belajar mandiri dengan menggunakan sumber media pembelajaran cetak maupun online.

Berdasarkan hasil diskusi dengan pihak sekolah SDN 1 Bligorejo dan pengamatan secara langsung saat kegiatan belajar mengajar anak-anak di Desa Bligorejo, dapat diperoleh kesimpulan bahwa masih banyak anak-anak yang kesulitan dalam memahami materi matematika. Selain itu, pihak sekolah belum diberikan pelatihan atau pengetahuan mengenai cara pembuatan modul sederhana yang menarik dan mampu membawa suasana menyenangkan siswa saat membaca atau mempelajarinya. Permasalahan ini membawa mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro Periode 2023/2024 di Desa Bligorejo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah untuk melakukan pendampingan pengadaan modul pembelajaran matematika untuk SD/MI di Desa Bligorejo sesuai dengan silabus yang berlaku.

Dokumen Pribadi

Pengadaan atau penyusunan modul dimulai pada tanggal 30 Januari 2024 dengan menyusun list materi utama yang akan dibahas dalam modul. Modul matematika yang disusun berisi 7 materi utama tentang Bilangan Bulat, Operasi Hitung Bilangan Bulat, Bilangan Pecahan dan Desimal, Bilangan Romawi, Bangun Datar, Bangun Ruang, dan Statistika. Di setiap akhir pembahasan materi diberikan latihan soal untuk menguji pemahaman dan mengasah kemampuan siswa. Modul selesai disusun pada tanggal 4 Februari 2024 dan diserahkan kepada Ibu Tuti selaku guru Matematika dan Wakil Kepala Sekolah SDN 1 Bligorejo serta Bapak Yoga selaku guru di SDN 2 Bligorejo.

Dokumen Pribadi

Diharapkan dengan adanya pendampingan penyusunan modul ini, siswa SDN 1 Bligorejo dan SDN 2 Bligorejo bisa semakin semangat dalam mempelajari matematika, baik secara mandiri maupun bersama guru. Selain itu, diharapkan guru SDN 1 Bligorejo dan SDN 2 Bligorejo dapat mengembangkan kemampuannya untuk mengadakan modul pembelajaran yang menarik. Softfile modul ini juga turut diserahkan kepada guru SDN 1 Bligorejo dan SDN 2 Bligorejo dengan harapan dapat diperbanyak dikemudian hari.

Penulis: Wyne Mumtaazah Putri

DPL: Asep Setiaji, S.Pt., M.Si., P. hD.

Lokasi: SDN 1 Bligorejo dan SDN 2 Bligorejo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline