Lihat ke Halaman Asli

syifa amelia

mahasiswa

Konsep Komunikasi Pemasaran dan Periklanan Online

Diperbarui: 8 Juli 2024   19:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama: Syifa Amelia

NPM: 23010400156

Prodi: Ilmu Komunikasi FISIP

Mata Kuliah: PengantarAdvertising

Dosen Pengampu: Jamiati KN, M.I.Kom

Sebelum memulai produksi iklan, pasti kita perlu menyiapkan strategi dan konsep untuk memasarkan sebuah produk lewat iklan. Dalam komunikasi pemasaran, ada prinsip yang merupakan "Ujung Tombak" bagi sebuah organisasi, yang artinya untuk memperkenalkan, memengaruhi, mendorong, dan mengarahkan pengambilan Keputusan audiens (konsumen) tentang produk, merek, dan nama organisasi sehingga konsumen bertindak sesuai dengan tujuan organisasi. Pada dasarnya, calon konsumen dan konsumen lebih tertarik pada konsep pemasaran dan iklan nya lebih dulu dibandingkan sebelum mencoba produk yang diperkenalkan. Perlu kita ketahui, konsumen adalah titik sentral perhatian pemasaran, sehingga untuk mempelajari apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen adalah hal yang sangat penting.

Elemen-elemen Dalam Komunikasi Pemasaran

Dalam konsep komunikasi pemasaran dan iklan, ada elemen-elemen dasar dari komunikasi pemasaran yang perlu kita ketahui agar dapat membuat komunikasi pemasaran yang baik, yaitu:

  • Komunikator
  • Komunikator merupakan pihak yang penting untuk membuat pesan dengan maksud tertentu untuk disampaikan kepada objek pesan atau bisa disebut juga dengan komunikan. Komunikator merupakan pihak yang memiliki maksud tertentu kepada objek agar si objek tersebut bergerak sesuai dengan keinginannya. Tujuan komunikator sendiri dalam komunikasi pemasaran ini adalah guna memberikan informasi tentang produk, jasa, atau ide kepada audiens target. Komunikator juga dapat mempengaruhi sikap, opini, serta perilaku audiens terhadap produk, jasa dan ide. Selain itu, komunikator juga perlu membangun hubungan dan memelihara hubungan dengan target audiens serta menciptakan loyalitas dan kepercayaan merek.
  • Untuk mencapai tujuan tersebut tentunya komunikator harus menggunakan alat dan cara komunikasi pemasaran berupa periklanan (online/offline), hubungan Masyarakat yang baik, mempromosikan penjualan, pemasaran lewwat media digita yaitu (media social, email, konten marketing), dan tentunya pemasaran pengalaman.
  • Komunikan
  • Komunikan adalah pihak yang menjadi sasaran pesan dari si komunikator. Oleh karena itu, komunikator tidak bisa mengabaikan komunikan yang hendak dia tuju.
  • Aspek-aspek yang perlu ditimbangkan dalam seorang komunikan adalah pengetahuan, kebiasaan, pengalaman, dan lain sebagainya. Dalam komunikasi pemasaran unsur komunikan juga harus diperhitungkan dengan benar karena akan mempengaruhi strategi dalam pengiriman pesan secara keseluruhan.
  • Tujuan dari komunikan sendiri tidak jauh beda dengan komunikator.
  • Pesan
  • Pesan adalah maksud yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan. Pesan biasanya terwujud dalam bentuk symbol-simbol Bahasa tertentu, walaupun tidak menutup kemungkinan diwujudkan dalam bentuk yang lain seperti misalnya warna, perilaku, lambing-lambang.
  • Media
  • Media merupakan sarana yang digunakan agar pesan yang dibuat oleh komunikator dapat tersampaikan pada komunikan. Banyak media yang dapatdigunakan seperti internet, radio, televisi, surat kabar, dan lain sebagainya. Tentunya pilihan media sangat berpengaruh pada Tingkat keefektifan komunikasi yang dilakukan oleh komunikator. Oleh karena itu, dalam setiap komunikasi pemasaran pemilihan media seharusnya dipikirkan matang-matang agar Perusahaan dapat menghemat biaya sekaligus mencapai tujuan komunikasi yang efektif.
  • Hambatan
  • Hambatan adalah hal-hal yang dapat mengurangi Tingkat penerimaan pesan pada seorang komunikan. Hambatannya patut dipetakan dalam sebuah komunikasi karena berpeluang untuk membuat pesan tidak tersampaikan dengan baik, sehingga tujuan dari komunikasi pun tidak akan tercapai dengan sempurna. Oleh karena itu, sebaiknya komunikator senantiasa memetakan  dan memperhitungkan hambatan apa saja  yang dapat membuat komunikasi yang dia lakuikan terganggu beserta cara mengatasinya.
  • Tujuan
  • Tujuan dalam komunikasi pemasaran dapat dibilang adalah eplanggan mau untuk membeli produk yang dijual oleh Perusahaan. Walaupun bentuk pesannya berbeda, akan tetapi tujuan pokok ini akan menjadi goal akhir dari keseluruhan proses komunikasi pemasaran.
  • Feedback
  • Feedback atauumpan balik adalah respons yang diberikan oleh komunikan terhadap pesan yang disampaikan oleh komunikator dalam sebuah komunikasi pemasaran. Umpan balik sangat penting diperhatikan oleh komunikator karena dari situ dapat diketahui apakah komunikasi yang dilakukan sudah efektif dan efisien atau tidak.
  • Produk
  • Produk merupakan unsur pokok di dalam komunikasi pemasaran karena dari produk inilah pesan dapat disusun dengan baik. Tanpa mengetahui produk yang dijual oleh Perusahaan dengan baik, maka pesan-pesan yang dibuat pun tidak akan efektif dan bahkan bisa jadi membuat pelanggan tidak tertarik untuk membeli produk yang dijual Perusahaan.

Strategi Komunikasi Pemasaran Online

  • Segmentasi Pasar
  • Segmentasi pasar adalah proses mengelompokkan pasar keseluruhan yang heterogen menjadi kelompok atau segmen yang memiliki kesamaan dalam hal kebutuhan, keinginan, perilaku,ataurespon terhadap program pemasaran spesifik.
  • TargetingPasar
  • Targeting pasar merupakan kegiatan mengevaluasi dan memilih pasar yang akan dijadikan sasaran penawaran produk-produk Perusahaan. Strategi targeting pasar melibatkan analisis pasar yang sudah ditentukan untuk menentukan apakah segmentasi pasar yang sudah ditentukan sesuai dengan realitas lapangan atau tidak.
  • Media Komunikasi Online
  • Media internet yang bisa digunakan dalam kegiatan pemasaran bisa X(twitter), Facebook, Instagram, dan Whatsapp. Dalam strategi komunikasi pemasaran online, media online digunakan untuk mempromosikan produk dan meningkatkan kesadarn merek.
  • Keunggulam Media Online
  • Keunggulan media online meliputi up-to-date, real-time, dan praktis. Media online dapat melakukan upgrade informasi atau berita dari waktu ke waktu dan Dimana saja, tidak melulu menggunakan bantuan computer, tetapi juga teknologi handphone.
  •  

Dengan demikian, konsep komunikasi pemasaran dan periklanan online melibatkan berbagai strategi dan media yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan penjualan melalui penggunaan media social,email, dan platform lainnya.

Referensi:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline