Lihat ke Halaman Asli

Syifa Ainun

Santri Ma'had

Problematika Islam dengan Isu-isu Kontemporer

Diperbarui: 19 Desember 2019   06:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Problematika Islam dengan isu-isu kontemporer

1. Isu-isu kontemporer dalam studi Islam
Cara pandang studi Islam terjadi banyak perbedaan dalam memahami agama Islam. Di kalangan Islam terjadi pemikiran agama baru yang bermunculan. Mereka menganggap dalam memahami agama dalam konteks kebebasan diri dan pada akhirnya timbulah beberapa pertanyaan. Apakah pemeluk agama sudah merasa jenuh atas fatwa agama yang lalu? Sehingga ada dua Persoalan penting yang harus diperhatikan dalam memahami ajaran suatu agama yaitu konteks budaya dan wahyu.

2. Islam dan terorisme
Menurut beberapa pendapat terorisme merupakan bentuk kekerasan dalam bidang politik untuk mengirim pesan kepada pemerintah agar memancing emosi mereka. Terorisme dalam sebuah paham memang kebanyakan orang yang menimbulkan konsekuensi negatif bagi kemanusiaan. Jadi terorisme dalam Islam merupakan sebuah aksi personal.

3. Islam liberal
Merupakan sebuah paham secara teologi yaitu paham yang mengutuk agama. Istilah liberal adalah kebebasan tujuan akhir liberal adalah memisahkan antara agama, jadi Islam memiliki latar belakang yang berbeda. Oleh karena itu, banyak orang mengatakan bahwa dengan kebebasan kita bisa terjerumus pada subjek kesesatan. Jadi Islam dalam arti liberal yaitu membebaskan manusia dalam menggambarkan pandangan Islam jika kebebasan ini tetap dijalankan maka mereka dianggap melindungi pandangan yang salah.

4. Hubungan Islam dan negara
Hubungan islam sudah terjadi sejak lama. Dan hubungannya dengan Islam sebagai agama yang mendidik suatu masyarakat dalam negara, agar negara tersebut menjadi negara yang baik. Pengatur urusan ummat di dalam negeri dilakukan oleh negara dengan menerapkan ideologi (MABDA) di dalam negeri, serta menyebarkan ideologi ke seluruh negeri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline