Lihat ke Halaman Asli

Syifa Ann

TERVERIFIKASI

Write read sleep

Ketuk Palu Vonis Ahok, Inilah Ragam Tanggapan Kompasianer

Diperbarui: 9 Mei 2017   22:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Basuki Tahaja Purnama Dok Arsip Detik.com"][/caption]

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) divonis 2 tahun penjara dan langsung ditahan di Rutan Cipinang. Penahanan Politisi kelahiran 29 Juli ini, sontak menuai berbagai reaksi masyarakat, menyiskan beragam pandangan di berbagai kalangan. Perdebatan dan pro kontra menjadi hal yang biasa.

Begitu juga di Kompasiana, vonis 2 tahun penjara untuk Ahok sedang hangat menuai beragam sudut pandang terkait kasus hukum yang dialami Basuki Tahaja Purnama, sejumlah warga biasa berbagi pandangan lewat tulisan, inilah intisarinya:

1. Ahok Resmi Dipenjara: What to Learn and What to Expect

Bagi Michael Hananta, kasus hukum yang dialami Ahok hingga berujung pada vonis yang disandangnya sekarang ini, telah memberikan banyak pelajaran bagi Indonesia, menurutnya terlalu kecil, jika masa depan Indonesia hanya diukur gelap-terangnya berdasarkan kasus seorang Ahok.

Menurutnya, kekuatan bangsa Indonesia pada akhirnya ditentukan oleh rakyatnya sendiri, Karena toh bangsa Indonesia sudah banyak melalui ujian berbau SARA sebelum adanya kasus Ahok dan terbukti, bangsa Indonesia masih mampu bertahan.

"Memang kekalahan Ahok dalam Pilkada dan dipenjarakannya Ahok dianggap sebagai hal yang begitu devastating. Namun pada akhirnya kekuatan bangsa ditentukan oleh rakyatnya sendiri".

"Paparnya. Ulasan selengkapnya bisa dibaca di artikel tersebut.

2. Sejuta Hati untuk Ahok

Melalui sebuah Puisi di kanal Fiksiana, Samsul Ode menempuh cara lain untuk memberi semangat pada Basuki Tahaja Purnama. Di akhir puisinya, Samsul menutup tulisannya dengan satu kalimat yang cukup tajam:

"Dan semua yang terpenjara dalam kebenaran yang masih abu-abu".

Puisi selengkapnya bisa dibaca di artikel tersebut.

3. Pelajaran (Bagi/dari) Pak Ahok

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline