Lihat ke Halaman Asli

syifa haniatul

Universitas Islam Malang

Keutamaan Perusahaan Menjaga Kesejahteraan Karyawan

Diperbarui: 9 Januari 2023   14:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama              : Syifa Haniatul M.

NPM               : 22101092108

Fakultas          : Ilmu Administrasi

Prodi               : Administrasi Bisnis -- Universitas Islam Malang

Karyawan merupakan komponen yang sangat penting bagi dunia kerja yang ada di dalam perusahaan, dan kayawan itu berkaitan dengan yang Namanya kesejahteraan baik yang meliputi kesheatan fisiik, mental, emosional ataupun hal yang menyangkut ekonomi. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesejahteraan karyawan di lingkungan perusahaan, seperti hubungan karyawan dengan atasan, hubungan karyawan dengan karyawan lain, kemudian soal gaji yang diterima ataupun lainnya. Kesejahteraan karyawan ini merupakan bentuk dari pemenuhan kebutuhan karyawan yang harus dipenuhi oleh perusahaan, karena itu hak dari kayryawan, dan perusahaan memenuhi kewajibannya.

Ada banyak alasan yang menguntungkan bagi perusahaan untuk mendukung kesejahteraan karyawan, diantaranya :

  • Membuat para pekerja bahagia dan puas, Karena jika pekerja bahagia dan nyaman maka akan meningkatkan kinerjanya dan mampu mencapai tujuan dari perusahaan, sehingga karyawan puas dan perusahaan juga mampu mencapai tujuannya. Kepuasan yang dirasakan pekerja setelah menjalankan tugasnya itu bentuk acchivment ternsediri bagi karyawan.
  • Membebaskan karyawan dari rasa lelah yang berlebih, Rasa Lelah yang berlebih, serta tidak adanya jam istirahat yang maksimal tentunya ini akan mengganggu kinerja dan kesejahteraan yang akan dirasakan oleh karyawan, mereka akan merasa kalua hak mereka dalam hal istirahat kurang, selain itu memberikan ruang yang lebih sedikit untuk karyawan agar me-rifresh diri dan bangkit untuk bekerja adalah hal yang akan menguntungkan bagi perusahaan, pekerjaan akan mudah tercapai dan minimnya kesalahan yang akan terjadi.
  • Memberikan kehidupan dan kesehatan yang lebih baikKesehatan adalah focus utama yang sangat penting bagi setiap karyawan karena itu merupakan asset utama bagi setiap manusia,oleh karena itu perusahaan harus memberikan jaminan kesehatan, ataupun tunjangan untuk menjaga kesehatan karyawan ataupun keluarganya.

Ada beberapa jenis program kesejahteraan karyawan yang bisa diterapkan pada perusahaan guna memaksimalkan kinerja karyawan serta keuntungan perusahaan ialah :

  • Jaminan hari tuaJaminan hari tua merupakan program yang bisa di akses melalui BPJS. Program ini bisa di maksimalkan dan digunakan jika perusahaan sudah bekerja sama dengan bpjs, hal ini akan membantu para karyawan di hari tua, untuk menikmati jaminan yang akan diterimanya.
  • Tunjangan, yang diberikan bisa meliputi beberapa hal, seperti tunjangan makan, lembur, dan hal-hal lainnya. Tunjangan ini sangat perlu diperhatikan, karena setiap effort lebih yang dikeluarkan oleh pihak karyawan tentunya harus ada timbal balik.
  • Akses memiliki rumah Jika karyawan tidak memiliki rumah,mungkin perusahaan bisa menyediakan mess, atau jika jabatan yang sudah dimiliki oleh karyawan tinggi bisa dipinjamkan rumah dinas sebagai bentuk penghargaan ataupun fasilitas dari perusahaan..
  • Jaminan keselamatan kerja, Keselamatan kerja merupakan bagian sangat penting yang harus dijamin perusahaan, maka dari itu perusahaan harus menyediakan asuransi kecelakaan. Dengan keselamatan kerja yang terjamin, maka kinerja karyawan bisa semakin optiman dan keuntuntungan perusahaan secara tidak langsung juga akan semakin baik dan stabil.
  • Cuti, olahraga, atau hiburan lainnya, Salah satu kebutuhan karyawan yang paling banyak digemari adalah progam ini. Fungsi dari program ini adalah supaya karyawan bisa refreshing dan mencari hiburan lain yang membuat mereka senang dan tidak merasa Lelah.

Demikian beberapa manfaat dari pentingnya kesejahteraan karyawan bagi perusahaan, yakni agar kinerja perusahaan tetap berjalan lancar dan merain keuntungan yang lebih besar dan stabil.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline