Lihat ke Halaman Asli

TIM PKM-PM IPB University Meningkatkan Kemampuan Berbisnis bagi Ibu Single Parent di Kampung Panyarang, Bogor

Diperbarui: 13 Oktober 2023   18:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Keris

Lima orang mahasiswa Institut Pertanian Bogor telah berkomitmen dalam program pengabdian masyarakat yang mengutamakan penguatan kemampuan berbisnis bagi Ibu single parent. Kegiatan ini diberi nama KERIS (Kelola dan Rintis Bisnis) yang merupakan bagian dari pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) 2023 yang didanai oleh Dikti. Bertujuan untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan pada 15 Ibu single parent di Kampung Panyarang, Bogor.

Menurut Ketua tim PKM, Asyfa Trinovalaila, program yang diberi judul "Kelola Rintis dan Bisnis (KERIS) yaitu program peningkatan kesejahteraan perempuan single parent" telah berlangsung dari Juni hingga Oktober 2023. Asyfa menjelaskan bahwa program ini terdiri dari pelatihan dan tantangan yang berlangsung selama 3 bulan guna memberikan Ibu single parent pemahaman dan keterampilan yang dibutuhkan.

Pelatihan tersebut terdiri atas 3 tahapan, yaitu mindsetting, entrepreneurship, dan financial management, yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap para peserta terkait bisnis. Sementara itu, tantangan yang terdiri dari creating product dan creating financial book bertujuan melatih keterampilan dalam berbisnis dan mengelola keuangan.

Asyfa dan Tim berharap bahwa program ini akan membantu Ibu single parent meningkatkan kesejahteraannya melalui berbisnis dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diberikan selama kegiatan berlangsung. Implementasi bisnis mereka berupa produk cemilan  yang berasal dari bahan baku komoditas daerah setempat guna untuk memanfaatkan potensi lokal menjadi peluang bisnis yang menghasilkan.

Perlu dicatat bahwa pelaksanaan program KERIS ini telah mendapatkan dukungan dan partisipasi dari dosen pembimbing, ketua Majelis Taklim selaku mitra, ketua RT 07, dan Pimpinan Desa Ciburayut serta warga setempat. 

"Kami sangat berterimakasih atas kedatangan kakak-kakak mahasiswa ke Kampung Panyarang dan telah melaksanakan program yang membantu masyarakat Kampung Panyarang, kami sangat merasa bersyukur atas kehadiran kakak-kakak, karena untuk membantu kami dalam bidang usaha ini, sehingga kami jadi lebih bersemangat untuk membuat usaha, terimakasih buat kakak-kakaknya yah" ucap Ibu Rosita selaku warga Kampung Panyarang pada Kamis, 28 September 2023.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline