Menganalisis Tentang Perilaku Konsumen Terhadap Pemotongan harga (Discon) Bulan Ramadhan 'Lebaran' di Tempat Perbelanjaan Matahari
Moment hari raya lebaran (Idul Fitri) adalah moment paling berharga bagi umat Islam diseluruh dunia karna dirayakannya hanya 1 bulan sekali dalam 1 tahun.
Banyak orang-orang yang sangat antusias menyambutnya dengan berbagai cara merayakannya, dengan membeli kue kue kering, memasak ketupat semur, mengcat rumah, mendesain isi rumah dan yang pastinya berbondong bondong untuk merias diri ( membeli baju-baju baru) dan tidak lupa juga alas kaki seperti sendal dan sepatu untuk digunakan menyambut hari raya lebaran ini.
Maka dari itu, moment perayaan lebaran yang sangat di nanti-nanti ini menjadi ajang perlombaan orang-orang untuk nerias diri dengan berbelanja kebutuhan fashion mereka, seperti baju gamis, hijab pashmina, kemeja, baju koko, rok plisket, sarung, bahkan sepatu dan sendal juga.
Sudah menjadi tradisi turun terumurun bagi warga Indonesia untuk berbelanja mempersiapkan sebelum hari perayaan lebaran tersebut tiba,
Tidak luput juga banyaknya toko toko tempat perbelanjaan berlomba lomba membersikab potongan harga ( discon ) besar-besarab yang nantinya akan menarik minat konsumen. Karna harga yang turun drastis ini hanya ada di bulan suci ramadhan saja.
Perilaku konsumen di 'Matahari' selama bulan suci ini melibatkan peningkatan penjualan pakaian pakaian model terbaru, kebutuhan sandang pangan, barang kebutuhan rumah tangga dan makeup khusus bulan suci ramadhan ini. Hal ini juga bisa meningkatkan penjualan kue-kue kering hidangan lebaran, dekor dekorasi rumah, parcel lebaran ( biasanya untuk hampers dan gift ),
Ditambah lagi dengan promo promo lainnya yang memudahkan masyarakat untuk kemenuhi kebutuhan selama bulan suci ini.
Selama bulan suci ramadhan ini memang konsumen dari berbagai penjualan sedang naik naiknya karena banyak discon discon besar yang nantinya akan memudahkan mereka untuk mempersiapkan diri menyambut Lebaran.
Yang paling sering selain makanan yaitu pakaian. Apalagi di era sekarang banyak sekali orang-orang mengeluarkan model terbaru dari tahun tahun sebelumnya, ada yang unik seperti (Shimer shimer) dan banyak lainnya. Ada beberapa orang yang cenderung untuk membeli online tetapi tidak sedikit juga orang yang membeli secara langsung ( ots ) seperti halnya konsumen konsumen 'Matahari'
Antusiasme warga Indonesia sangat amat tinggi terhadap penawaran penawaran menarik seperti potongan harga (discon) dibulan suci ramadhan ini. Menjadi daya tarik tersendiri juga bagi konsemen yang seharusnya membayar 100% dengan ada potongan harga ini menjadi bayar setengah harga,
Terlebih lagi dengan store 'Matahari' ini yang sudah berdiri sejak lama dan susah banyak konsumen tetapnya yang menjadi tujuan utama pusat perbelanjaan bagi warga Indonesia yang menyediakan barang barang lengkap dengan harga terjangkau dan mudah ditemukan di mall manapun.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H