Lihat ke Halaman Asli

Syauqi RamadhaniArifin

Mahasiswa Universitas Tidar

Luncurkan Pucanganom Digital Market, Tim KKN Untidar Desa Pucanganom Gelar Edukasi Digital Marketing dan Workshop Pasar Online

Diperbarui: 2 Februari 2024   20:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen: Pribadi, 2024

(28/01/2024) Magelang, Tim KKN Univesitas Tidar (UNTIDAR) terus berupaya membantu warga di Desa Pucanganom dalam pengembangan usaha yang masih terkendala masalah dalam digital marketing dengan mengadakan sosialisai edukasi digital marketing dan workshop pasar online.

Kegiatan sosialisasi dan workshop ini merupakan program kerja pilihan yang mengacu pada permasalahan yang ada di Desa Pucanganom. Dalam kegiatan ini tim KKN UNTIDAR mendatangkan seorang praktisi yang sudah berpengalaman dalam bidang digital marketer, yaitu Ibu Ika Pratiwi yang juga serorang voice talent sebagai pembicara dalam kediatan edukasi digital marketing dan juga pelatihan atau workshop pasar online di kegiatan ini.

Dokumen: Pribadi, 2024

Kegatan ini dilatarbelakangi karena permasalahan pemasaran yang dialami oleh pelaku UMKM di Desa Pucanganom. Observasi dilakukan dengan wawancara awal terhadap kepala Desa Pucanganom yang menyatakan bahwa pemasaranlah yang menjadi problem utama para pelaku UMKM. Berdasarkan hal tersebut, tim KKN UNTIDAR Desa Pucanganom melakukan survei terhadap puluhan UMKM yang tengah memulai bisnisnya. Hasilnya, mayoritas dari mereka mengungkapkan bahwa pemasaran-lah merupakan masalah utama yang di hadapi mereka.

Jadi gini mbak, memang kalau dari saya sendiri masarin itu gampang sebenernya tetapi permasalahan nya itu bagaimana produk saya tidak hanya di beli oleh warga sekitar sini melaikan juga dibeli oleh maasyarakat luar

ujar pak Triyono selaku pemilik usaha susu kambing. Hal senada juga diungkapkan oleh ibu Sumerni selaku anggota KWT Nglampu yang memproduksi telor asin dimana ia mengungkapkan bahwa pemasaran lah yang merupakan masalah utama.

Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 40 peserta pelaku UMKM di Desa Pucanganom. Tidak hanya pelaku UMKM, kegiatan ini juga dihadiri oleh karang taruna dan para Kelompok Wanita Tani (KWT). "baik bapak-bapak ibu-ibu kegiatan dari adik-adik KKN diharapkan dapat membantu bapak bapak dan ibu ibu agar bisa bermanfaat dan berguna menerapkan pemasaran digital” ujar Bapak Atta selaku Kepala Desa

Kegiatan edukasi digital marketing membahas berkaitan dengan strategi digital marketing bagi para pelaku UMKM yang berfokus pada sosial media, tujan dari edukasi digital marketing yaitu agar membantu para pelaku UMKM dan go digital dengan basic digital marketing. Hal tersebut membawa banyak manfaat salah satunya dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Selain itu kegiatan ini juga mempraktikan cara editing vidio dan voice over menggukan aplikasi capcut.

Dokumentasi: Pribadi, 2024

Tentu saja kegiatan ini sangat bermanfaat bagi saya, taadinya saya hanya berkutat di pemasasan konvensional alias yang beli hanya warga sini. Dengan adanya kegiatan ini saya jadi tau kalau permasaran digital bisa membawa manfaat bagi UMKM, harapan saya kedepan semoga dengan adanya edukasi dan workshop ini bisa memajukan UMKM dan menyadarkan bahwa betapa pentingnya digital marketing ini

 ujar bu Titik Hariyanti selaku pelaku usaha.

Selain itu tim KKN UNTIDAR Desa Pucanganom meluncurkan Pucanganom Digital Market yaitu, sebuah platform yang berisikan atau sebagai wadah bagi UMKM untuk bisa lebih memasarkan produk produk di Desa Pucanganom ke jaringan yang lebih luas. Platform ini adalah platform instagram yang berisikan produk produk UMKM Desa Pucanganom dan juga terdapat linktree atau tautan yang berisikan nomor hp para pelaku UMKM yang bertujuan untuk memudahkan konsumen berhubungan lansung dengan penjual.

Dokumen: Pribadi, 2024




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline