Lihat ke Halaman Asli

Tugas Analisis Cerita Ulang Bahasa Indonesia

Diperbarui: 4 April 2017   17:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Tugas Analisis Cerita Ulang

Bahasa Indonesia

SMA Sampoerna

Triska Syattwa W W

(XI-Sci-DA)

Cerita 1

Legenda Danau Ranau

(Lampung)

Alkisah pada zaman dahulu kala, hiduplah dua orang kakak-beradik di sebuah desa bernama Sekala Brak di daerah Lampung Barat. Sang kakak bernama Naga dan adiknya bernama Ranau.

Pada suatu hari, cuaca amat terik dan sampai siang hari tiba, Naga belum bisa mendapatkan makanan apa pun untuknya dan adiknya. Tanaman di sawah dan kebunnya kebanyakan belum siap panen, kecuali singkong dan umbi-umbian. Adapun kail pancingnya belum satu pun yang disambar ikan. Ketika Naga hendak mencari lebih banyak cacing, tiba-tiba ia tersandung oleh sebuah benda bulat yang terlalu lunak untuk dikatakan batu dan terlalu besar untuk dikatakan telur ayam. Lalu tanpa pikir panjang Naga segera membawanya pulang dan berharap itu akan menjadi pengganjal perutnya dan adiknya hari ini.

Dengan persaan gembira, Naga pulang ke rumah dan mengabari tentang temuannya pada sang adik. Ranau merasa keheranan dengan apa yang ditemukan abangnya itu. Rasa penasaran adiknya itu memancing amarah Naga. Ia pun membentak Ranau dan menyuruhnya lekas memasak telur itu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline