Lihat ke Halaman Asli

Fasya Khadmara Nadhifa

Mahasiswa Pendidikan Tata Boga - Universitas Pendidikan Indonesia

Whatsapp Sebagai Sarana Edukasi Hasil Pengolahan Tanaman Hortikultura

Diperbarui: 8 Februari 2022   22:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada semester Ganjil 2021/2022 yang berfokus pada tema literasi digital guna meningkatkan pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

Universitas Pendidikan Indonesia mengikuti Surat Mendikbud No: 363632/MPK.A/Hk/2020 Hal: Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara daring yang dilaksanakan di lingkungan tempat tinggal mahasiswa atau wilayah yang ditentukan sesuai dengan kesepakatan kelompok terbatas dalam satu dosen pembimbing lapangan. 

KKN dilaksanakan pada tanggal 8 Januari sampai dengan 8 Februari 20222 dengan waktu yang ditempuh 120 jam. Penulis melaksanakan KKN di Posyandu Sedap Malam berlokasi di Jl. Kapten Abdul Hamid No. 56 B, Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.

Pandemi COVID-19 membawa perubahan bagi dunia dengan berbagai tantangan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, pandemi Covid-19 juga berdampak pada kondisi perekonomian, pendidikan, dan kehidupan sosial masyarakat secara global termasuk Indonesia. Munculnya Varian baru Covid-19 yaitu Omicron, 

Dilansir dari Kompasiana.com, jumlah penambahan kasus positif Covid-19 pada awal tahun 2022 ini melonjak signifikan hanya dalam kurun waktu yang singkat saja. Pada tanggal 19 Januari 2022, misalnya. Kasus positif baru di Indonesia pada saat itu bahkan belum mencapai 2000 kasus. Tetapi hanya dalam waktu 2 pekan saja, kini Indonesia mencatatkan 33.000 kasus baru per tanggal 5 Februari 2022.

Masalah sosial-ekonomi yang disebabkan oleh pandemi juga berdampak bagi anak-anak dalam  perkembangan, kesejahteraan dan kesehatan mereka khusunya dalam pemenuhan nutrisi. Sebuah riset dari Riskesdas 2018 menemukan 30,8 persen anak balita mengalami stunting dan beberapa wilayah di Indonesia bahkan mencapai 42 persen hal ini menunjukkan bahwa situasi kekurangan gizi pada anak adalah masalah yang  signifikan. Pandemi memicu kemiskinan bagi rumah tangga termasuk anak yang dalam pemenuhan nutrisi tentunya dapat memengaruhi kinerja gizi anak yang dapat memperparah ketimpangan yang sudah ada sebelumnya.

Untuk memenuhi nutrisi anak, Kemenkes menganjurkan mengonsumsi anekaragam makanan seperti sayuran dan buah-buahan yang merupakan sumber vitamin, mineral dan serat pangan serta mengonsumsi lauk pauk berprotein tinggi.

Untuk mewujudkan pemenuhan nutrisi anak dapat diperoleh dari hasil panen tanaman hortikultura berupa sayuran dan buah-buahan, tanaman hortikultura dapat ditanam di perkarangan rumah dan tidak memerluka lahan yang luas. Tidak hanya dapat menciptakan keindahan tetapi dapat meningkatkan perekonomian keluarga masing-masing serta hasil panennya dapat langsung dimanfaatkan. Jenis tanaman hortikultura selain yang telah disebutkan, ada berupa tanaman hias dan tanaman obat-obatan, semua jenis itu dapat menunjang kebutuhan sehari-hari dan selebihnya bisa dijual.

Pangan merupakan kebutuhan dasar bagi kehidupan manusia yang harus dipenuhi. Lahan pekarangan yang kosong apabila dikelola dan ditata dengan baik akan menjadi sumber penyedia bahan pangan yang potensial bergizi bagi keluarga dan meningkatkan kesejahteraan keluarga karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Pemanfaatan lahan pekaranagan merupakan salah satu cara untuk mewujudkan ketahanan pangan yang bisa dimulai dari pekarangan rumah tangga.

Di Bandung, Jawa Barat, terdapat program yang mendukung ketahanan pangan yaitu program Buruan Sae, sebuah program urban farming terintegrasi yang digalakan oleh Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung yang bertujuan menanggulangi ketimpangan permasalahan pangan di kota Bandung melalui pemanfaatan pekarangan yang ada untuk berkebun memenuhi kebutuhan pangan keluarga sendiri.

Pada kegiatan KKN ini, penulis memfokuskan ibu-ibu kader Posyandu dan ibu-ibu hamil dan menyusui serta orang tua balita sebagai sasaran program kegiatan KKN Tematik Literasi Digital. Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memnafaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh hukum dalam rangak membina komuniskasi dan interkasi dalam kehidupan sehari-hari.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline