Lihat ke Halaman Asli

Syarwan Edy

@paji_hajju

Palestina adalah Kita

Diperbarui: 1 Juni 2024   10:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

From the River to the Sea! Source: Syifa Hadju

Tanah Palestina, kau tetap berdiri tegak, meski terinjak-injak oleh kaki penindas. Semoga suatu hari nanti, damai dan kasih, menghapus luka yang kau derita selama ini. 

Palestina, bumi suci yang terluka parah. Tanah air yang dijajah, tumpah penuh darah. Kebrutalan menghancurkan segala, namun semangat tak pernah padam dalam dada. Berdiri teguh, menolak tunduk pada kekuasaan asing yang serakah. Ribuan tahun, sejarah mengalir dalam darah. Perjuangan demi kebebasan, tak kenal lelah. Setiap jejak langkah, dibasahi air mata dan keringat yang bercucuran tanpa jeda. Namun tekad membara, membuat cahaya harapan tak pernah redup di atas semesta.

Tembok nan tinggi membatasi, mengisolasi tuk menjauhkan diri dari sesama. Namun semangat perlawanan tetap menyala, membara dalam jiwa rakyat Palestina. Miliyaran nyawa melayang di atas tanah yang kudus, kesakitan menggema di tiap-tiap sudut kota. Tangisan anak-anak memekakkan telinga, sementara harapan dikubur dalam kepedihan yang tak berkesudahan. Tanah Palestina, engkaulah simbol perlawanan, simbol ketabahan dan keberanian melawan penindasan.

Kita adalah Palestina, bumi perjuangan yang tak tergoyahkan. Kita adalah suara mereka yang tak terdengar. Kita adalah nyala api yang membakar hati para penindas. Dan kita adalah simbol kekuatan, keteguhan, serta kemerdekaan. Palestina, tanah yang tak diakui banyak negara. Warga yang hidup dalam pengusiran yang membabi-buta. Dibayang-bayangi konflik tak berujung reda. Tetapi satu hal yang mereka lupa, bahwa cinta pada tanah air tak pernah padam.

Pemukiman terkepung, duka bercokol tak karuan. Mimpi-mimpi tertahan, harapan suram. Senyap bayang-bayang melintas, tiada lagi tawa riang sanak-saudara. Padang tandus, sepi terbengkalai dan terbaring kaku di bumi Palestina. Tanah yang dulu subur makmur, kini terinjak-injak dan dihancurkan. Namun keyakinan tak pernah sirna, bahwa suatu hari Palestina akan merdeka. Dan perjuangan tak akan terhenti, suara rakyat terus-menerus menggema, merengkuh kebebasan. Keadilan harus ditegakkan, zaman akan berubah, Palestina akan bersinar, meraih masa depan.

Paji Hajju 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline