Lihat ke Halaman Asli

Syarifah Komalasari

Journalism Student of Padjadjaran University

Keamanan PIMNAS di Unpad Dipertanyakan, Sudahkah Pantas?

Diperbarui: 10 Desember 2023   10:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://pimnas36.unpad.ac.id/galeri/

Universitas Padjadjaran menjadi tuan rumah acara PIMNAS ke-36. Acara yang berlangsung sejak tanggal 26 - 30 November 2023 dilaksanakan sangat meriah dengan 106 kontingen yang  menghadiri acara dari berbagai daerah di Indonesia. Acara berlangsung sangat meriah dimulai dengan pembukaan acara, ditandai dengan perayaan meriah di depan Gedung Rektorat Unpad hingga penutupan acara yang ditandai dengan pentas musik dari berbagai musisi Indonesia.

Perjalanan PIMNAS ke-36 tentu tidak selamanya berjalan mulus, berbagai lika-liku kerap dihadapi oleh berbagai pihak yang bekerja sama di dalamnya. Salah satu komponen yang penting adalah kemanan yang harus didapatkan oleh para pihak dalam keikutsertaannya mengikuti acara PIMNAS. Keamanan menjadi salah satu komponen yang penting dalam pelaksanaan PIMNAS mengingat peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia sangat beragam dan tentu tidak ingin keselamatannya menjadi suatu hal yang disepelekan.

Segi keamanan menjadi pertimbangan besar bagaimana PIMNAS ke-36 ini dapat berjalan dengan baik atau tidak. Dimulai dari Gor Djati yang digunakan oleh acara PIMNAS mendaptakan keamanan khusus dari kepolisian setempat bahkan sejak sebelum acara PIMNAS dimulai. Sterilisasi dilakukan dengan cara menutup semua area Gor Djati dan tidak diperkenankan untuk kedatangan orang sekitar. Sterilisasi digunakan demi keamanan dan kenyamanan para peserta PIMNAS yang akan melaksanakan perlombaan di Gor Djati.

Selain dari segi keamanan internal, pihak eksternal pun perlu dipertanyakan. Bagaimana soal  lalu lintas? Kedatangan peserta dengan puluhan kendaraan besar tentu sangat berpengaruh dengan kondisi lalu lintas, bukannya malah bikin macet? Ternyata hal ini sudah diperhitungkan oleh pihak penyelenggara. Tidak dapat dipungkiri bahwa kedatangan peserta PIMNAS dari berbagai daerah berdampak pada kemacetan jalan, namun antisipasi dari pihak Unpad dengan membuka semua akses masuk menuju Unpad.

Peserta PIMNAS mendapatkan kemudahan berupa akses pintu masuk Universitas Padjadjaran yang sengaja dibuat melewati Gerbang D yaitu gerbang yang langsung berhadapan dengan jalan raya. Pengalokasian ini dimulai sejak sekitar satu minggu sebelum PIMNAS dimulai. Pembuakaan akses gerbang D Universitas Padjadjaran hanya dikhususkan untuk para kontingen dan para panitia PIMNAS yang dibuktikan dengan lanyard atau kartu akses masuk.

Rudi, koordinator lapangan satpam Universitas Padjadjaran mengatakan bahwa keamanan yang telah diberikan Unpad kepada para peserta PIMNAS sudah sangat maksimal. Satu minggu sebelum PIMNAS dilaksanakan, jajaran keamanan Koramil sekitar telah dikerahkan untuk menjaga keamanan para peserta. “Iya, sewaktu masih latihan juga banyak polisi yang sudah menjaga sekitar Unpad untuk keamanan para peserta.” Ucapnya.

 Ketika ditanyakan soal pengalokasian atau penggunaan gerbang Unpad khusus untuk peserta PIMNAS, Rudi mengatakan bahwa pembukaan akses Gerbang D atau biasa disebut gerbang lama adalah bentuk kepedulian Unpad kepada kenyamanan para peserta PIMNAS. Akses masuk Univesitas Padjadjaran yang mulanya melewati Gerbang A dengan akses masuk yang cukup jauh menjadi pertimbangan Unpad, sehingga pengalokasian akses masuk berubah sebagai bentuk pemberian layanan terbaiknya untuk para peserta.

Iman, selaku petugas lapangan yag berjaga ketika PIMNAS berlangsung mengatakan bahwa sejak berlangsungnya PIMNAS hingga acara selesai semuanya berjalan dengan sangat baik. Segi keamanan sangat teratur dan tidak mengalami kendala yang serius, “Alhamdulillah buat keamanan semuanya sesuai, gak kecolongan sedikit pun, semuanya aman.” Ujarnya.

https://pimnas36.unpad.ac.id/galeri/

Pihak keamanan yang terlibat di lapanga mengaku senang dengan adanya acara PIMNAS. Selain menambah pengalaman, acara ini juga sangat istimewa dengan hadirnya BEAM. BEAM berupa motor sepeda menjadi salah satu fasilitas yang disediakan oleh Unpad dan bisa digunakan oleh para peserta PIMNAS. BEAM dapat digunakan secara gratis oleh para peserta dan panitia selama PIMNAS berlangsung. Fasilitas ini hadir sejak PIMNAS berlangsung dan dinilai sangat bermafaat bagi kenyamanan peserta.

Rudi dan Iman menambahkan bahwa para tenaga keamanan mendapatkan fasilitas makanan dan snack gratis selam PIMNAS berlangsung. PIMNAS menjadi pengalaman yang tidak mungkin terlupakan. Meskipun hujan dan panas, tenaga keamanan tetap berjaga dan memastikan rangkaian acara berlangsung dengan aman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline