Lihat ke Halaman Asli

Syarifah Yuniarti

Kepala SDN Loji 3 Kota Bogor

1.2.a.8. Koneksi antar Materi oleh Syarifah Yuniarti

Diperbarui: 22 November 2022   22:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

1.2.a.8. Koneksi Antar Materi

Nama                         : Syarifah Yuniarti, M. Pd

                                    : Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022

Sekolah                     : SD Negeri Polisi 4 Kota Bogor

Fasilitator                   : Asep Darmawan, M. Pd

Pengajar Peraktik    : Murbekti, M. Pd

Setelah saya menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini, berikut adalah hal yang menjadi pembelajaran bagi saya (model refleksi 4P):

Peristiwa

Momen yang paling mencerahkan saya saat memahami filosofi Ki Hajar Dewantara di Modul 1.1. Apresiasi yang sangat luar biasa kepada Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara. Pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara menurut saya menuntun dan mengantarkan anak-anak untuk mengenal jati dirinya melalui proses menuntun kekuatan kodrat anak yaitu kodrat alam dan kodrat zaman untuk mencapai kebahagiaan dan keselamatan. 

Guru sebagai among harus memahami cara menuntun anak dalam pembelajaran di dalam kelas. Selain itu banyak pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara yang saya pelajari di Modul 1.1, seperti: berhamba pada anak, bermain adalah kodrat anak, pendidikan adalah persemaian benih-penih kebudayaan, pendidikan dan kebudayaan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, dan pemikiran Ki Hajar Dewantara yang paling populer adalah Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karsa, Tut wuri handayani. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline