Lihat ke Halaman Asli

Syarif Yunus

TERVERIFIKASI

Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Pelatihan Dana Pensiun DPLK BNI, Antisipasi Regulasi Terbaru

Diperbarui: 23 Maret 2024   18:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: DPLK BNI

Sebagai upaya meningkatkan kompetensi dan pemahaman tentang regulasi terbarukan dana pensiun di Indonesia, DPLK Bank BNI menggelar "Pelatihan Dana Pensiun" di Jakarta (23/3/2024). Dibuka oleh Ikhwani Fauzana (Pimpinan DPLK BNI), pelatihan diikuti oleh 80 staf dan tenaga pemasar DPLK BNI secara offline dan online bagi di staf luar Jakarta. Harapannya, kapasitas SDM DPLK Bank BNI dapat mengantisipasi regulasi baru dan meningkatkan kepesertaan dana pensiun ke depan.

Bertindak sebagai fasilitator Syarifudin Yunus, Edukator Dana Pensiun Asosisiasi DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) yang menyajikan update terkait 1) UU No. 4/2023 tentang PPSK, 2) POJK 27/2023 tentang Penyelenggaraan Usaha Dana Pensiun, 3) Edukasi DPLK sesuai regulasi, dan 4) Cara baru penjualan sesuai regulasi yang baru. Turut hadir dalam pelatihan ini: Endhy Mardiyantono (Pengurus), Edwin (Pengurus), Eko, dan Wayan dari DPLK BNI.

Ditekankan bahwa DPLK merupakan satu-satunya produk yang paling pas untuk mempersiapkan masa pensiun yang layak. Asal dikaitkan dengan usia pensiun, masa kerja, dan masa mengiur. Karenanya, perlu ada penyesuaian peraturan dana pensiun sesuai dengan regulasi yang berlaku, seperti usia pensiun, pengelolaan aset, manfaat berkala, dan dokumen yang dikaitkan dengan kepesertaan DPLK.

DPLK ke depan punya prospek yang tetap baik namun dibutuhkan penyesuaian "mind set" dari yang sebelumnya. Namun begitu, DPLK tetap memiliki keunggulan, yaitu: 1) ada kepastian dana yang tersedia di masa pensiun, 2) ada hasil investasi yang optimal selama didanakan, dan 3) ada fasilitas perpajakan saat pembayaran manfaat pensiun.

"Pelatihan ini sangat bermanfaat dan bisa jadi konsolidasi kami di DPLK BNI untuk mengantisipasi regulasi yang baru. Agar DPLK mampu menjadi produk keuangan yang diminati masyarakat untuk hari tua" ujar Ikhwani Fauzana, Pimpinan DPLK BNI saat membuka acara.

 

Dalam kesempatan ini, ada banyak pertanyaan yang dilayangkan tim DPLK BNI sebagai cara untuk memperoleh pemahaman yang terkait regulasi baru di dana pensiun. Salam #YukSiapkanPensiun #DPLKBankBNI #EdukasiDanaPensiun

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline