Lihat ke Halaman Asli

Syarif Yunus

Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP), Apa Sih?

Diperbarui: 26 Desember 2023   07:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: pdplk.com

Salah satu skema program pensiun yang ada saat ini adalah program pensiun iuran pasti (PPIP). Program Pensiun Iuran Pasti merupakan program pensiun yang iurannya ditetapkan lebih dulu dan mulai ditabung sejak dini untuk masa pensiun atau hari tua setiap pesertanya. Nantinya, seluruh iuran dan hasil investasi dalam PPIP akan dibukukan atas nama peserta dan dapat dicairkan sebagai "manfaat pensiun" saat masa pensiun tiba.

Program pensiun iuran pasti (PPIP) tentu menjadi skema program pensiun yang cocok dengan dinamika pekerja dan kebutuhan hari tua. Di samping dibukukan atas nama peserta, akumulasi iuran dan hasil investasi PPIP pun tergolong optimal karena pendanaannya bersifat jangka panjang. Peserta PPIP memegang kendali penuh atas perencanaan masa pensiunnya sendiri. Mau besar atau kecil iuran yang ditabung, tergantung kondisi keuangan dan kemampuan si peserta. PPIP bisa dibilang program pensiun yang cocok untuk pekerja dan generasi milenial saat ini

Pada umumnya, PPIP biasanya dijalankan oleh DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) yang didirikan oleh lembaga jasa keuangan sesuai dengan UU No. 4/2023 tentang PPSK. Namun setidaknya, peserta harus tahu ciri khusus PPIP sebagai program pensiun yaitu:

1.    Manfaat pensiun yang akan diterima berupa akumulasi iuran beserta hasil pengembangannya.

2.    Besaran iuran ditetapkan di awal dengan pilihan berupa persentase dari gaji atau sejumlah nominal tertentu.

3.    Kontrol dan risiko program pensiun berada di tangan peserta, termasuk risiko pilihan investasi.

4.    Pencatatan dana bersifat individual atau dibukukan atas nama rekening masing-masing peserta.

5.    Saat manfaat pensiun dibayarkan, maka berhak atas insentif pajak final.

Hal yang pasti dalam program pensiun iuran pasti (PPIP) adalah besaran iuran yang ditabung setiap bulan. Namun jumlah manfaat pensiun yang akan diterima sangat bergantung pada akumulasi iuran itu sendiri dan hasil investasinya. Maka, semakin lama seorang pekerja menjadi peserta PPIP, maka jumlah dana sebagai manfaat pensiunnya pasti semakin besar. Besarnya iuran, hasil investasi, dan lamanya menjadi peserta PPIP adalah variabel penting yang menentukan besar kecilnya manfaat pensiun yang diperoleh peserta saat pensiun nanti.

Uang iuran PPIP pada dasarnya dibayarkan secara rutin setiap bulan. Iuran tersebut biasanya gabungan dari iuran pekerja dan atau pemberi kerja. Misalnya, iuran PPIP sebesar 10% dari upah bulanan; yang 5% berasal dari pekerja dan 5% lagi berasal pemberi kerja.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline