Lihat ke Halaman Asli

Syarif Yunus

Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Ngabubu-Read, 3 Ide Seru Menikmati Ramadan Ceria di Taman Bacaan

Diperbarui: 16 April 2023   10:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: TBM Lentera Pustaka

Ramadan, bisa jadi momen yang pas untuk diisi dengan kegiatan-kegiatan seru. Bukan justru berdiam diri atau terkesan loyo akibat puasa. Tidur, tidur, dan tidur selama puasa hingga bedug maghrib. Justru harusnya, puasa lebih energik. Kerja, ibadah, bersosial, dan berkegiatan yang asyik dan menyenangkan. Asal jangan membatalkan atau mengurangi pahala puasa. Ramadan, sebagai momen ibadah puasa yang berkesan dna menakjubkan secara lahir dan batin.

Lalu, bagaimana bisa menikmati momen ramadan dengan ceria?

Nah, salah satunya dilakukan oleh tamann bacaan masyarakat (TBM) di Kabupaten Bogor. Sebut saja, TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak. Tiap kali bulan puasa selalu menggelar namanya "NgabubuRead -- Ramadan Ceria". Tujuannya menjadikan bulan puasa sebagai tempat atau taman bacaan yang asyik dan menyenangkan untuk mengisi waktu jelang waktu berbuka puasa. Sambil membaca buku lalu tadarusan tiap Rabu dan Jumat -- khataman setiap Sabtu -- tausiyah dan takjilan sebelum buka puasa. Bukan hanya mampu menyemangati anak-anak pembaca aktif. Tapi juga menjadikan momen bulan puasa untuk berkegiatan yang seru dan bergairah.

Selain dapat memperkuat keakraban anak-anak taman bacaan dan warga, Ngabubu-Read TBM Lentera Pustaka pun dapat menjadi pilihan untuk kegiatan seru saat mengisi waktu jelang berbuka puasa yang positif dan bermanfaat. Berdasar pengalaman TBM Lentera Pustsaka, berikut 3 ide aktivitas seru di bulan puasa yang dilakukan taman bacaan.


1. Ngabubu-Read Khataman Al Quran 

Saat bulan puasa, tipa tahun anak-anak TBM Lentera Pustaka dibagi 30 kelompok untuk masing-masing kelompok harus menuntaskan 1 juz Al Quran per Minggu. Tiap Rabu dan Jumat tadarusan sesuai dengan Juz yang menjadi jatahnya. Dan saat Sabtu sore, dipimpin Syarifudin Yunus (Pendiri TBM Lentera Pustaka) melakukan khataman Al Quran. Mengaji bersama mulai dari surat Al Ghasiyah hingga An Naas. Selain melatih Kerjasama anak-anak tiap kelompok untuk berbagi bacaan Al Quran pada juz-nya, Ngabubu-Read anak-anak taman bacaan pun mampu "meng-khatamkan Al Quran seminggu sekali". Berarti selama bulan puasa, 4 kali khatam Al Quran walu secara keroyokan. Kebayan dong, saat se-taman bacaan, mengaji bersama secara bersuara untuk khataman Al Quran. Seru banget dan menggairahkan.

2. Berbagi Takjilan Setiap Hari Sabtu

Saat hari Sabtu sebagai hari khataman Al Quran, TBM Lentera Pustaka selalu menyediakan takjilan untuk setiap anak bahkan orang tuanya yang mengantar. Minimal 70 bungkus takjil disiapkan yang dipesan dari warung-warung rumahan sekitar taman bacaan. Selain untuk melatih "antre" saat mengambil takjil, kegiatan ini juga sebagai mengajarkan pentingnya sedekah di bulan puasa. Mau berbagi kepada sesama walau hanya takjilan sekaligus untuk mengundang komunitas atau korporasi berbakti sosial di taman bacaan. Terbayangkan, senyum ceria anak-anak taman bacaan saat mengantre takjil dan membawa pulang ke rumah jelang waktu maghrib. Maklum di kampung yang kurang mampu, bisa jadi ada anak yang memang tidak punya makanan untuk berbuka puasa. Maka taman bacaan pun menebarkan senyum anak-anak dengan berbagi takjilan. Seru banget bisa berbagi takjilan di bulan puasa.

 

3. Buka Puasa Bersama Wali Baca dan Relawan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline