Lihat ke Halaman Asli

Syarif Yunus

Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Memetakan SDM Unggulan di Era Digital

Diperbarui: 16 Januari 2020   13:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kemampuan manajemen sumber daya manusia (SDM) dalam pendidikan itu penting.

Karena manajemen SDM menjadi pangkal tolak kualitas dan upaya organisasi dalam mencapai tujuannya. Maka suka tidak suka, atensi terhadap kompetensi SDM suatu organisasi harus terus dikembangkan, di samping harus mampu mengolah sumber daya manusia yang. Agar dapat bekerja dengan baik dan maksimal, serta sesuai dengan bidangnya. SDM yang mau melakukan sesuatu untuk berkontribusi terhadap organisasi.

Di era digital, manajemen SDM hakikatnya harus dijalankan berbasis kompetensi. Karena hanya SDM yang kompeten yang dapat menjadikan organisasi tetap kompetetif dan survive di tengah kompetisi yang ketat, termasuk institusi pendidikan. Pentingnya manajemen berbasi kompetensi dimaksudkan agar tujuan organisasi dapat dicapai dan mampu menciptakan sinergi dalam organisasi tersebut.

Komitmen pembelajaran manajemen SDM berbasis kompetensi itulah yang ingin diperkuat oleh para mahasiswa S3 Program Doktor Manajemen Pendidikan (MP) kelas 2018 KS 2 Pascasarjana Universitas Pakuan (Unpak) Bogor saat mengikuti perkuliahan "Pengembangan Manajemen SDM" dari Dr. Sri Setyaningsih, M.Si. (Kamis, 16/1/20) di Kampus Pascasarjana Unpak, Bogor.

Oleh karena itu, upaya untuk pengembangan SDM tidak dapat dilepaskan dari penerapan Teori Maslow akan pentingnya hierarki lima kebutuhan setiap SDM, yang terdiri dari:

1. Fisiologis, meliputi rasa lapar, haus, berlindung, seksual, dan kebutuhan fisik lainnya,

2. Rasa aman, meliputi rasa ingin dilindungi dari bahaya fisik dan emosional.

3. Sosial, meliputi rasa kasih sayang, kepemilikan, penerimaan, dan persahabatan.

4. Penghargaan, meliputi faktor-faktor penghargaan internal seperti rasa hormat diri, otonomi, dan pencapaian, dan faktor-faktor penghargaan eksternal seperti status, pengakuan, dan perhatian.

5. Aktualisasi diri, meliputi dorongan untuk menjadi seseorang sesuai kecakapannya; meliputi pertumbuhan, pencapaian potensi seseorang, dan pemenuhan diri sendiri.

Berangkat dari realitas itulah, mengelola SDM bisa jadi mudah bisa jadi susah. Namun bila didasari pada kompetensi, maka upaya pengembangan SDM pun dapat dilakukan. Karena kompetensi SDM dapat diukur melalui du acara, yaitu:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline