Lihat ke Halaman Asli

Syarif Yunus

Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Hikmah Ramadhan, Jadilah Apa Adanya

Diperbarui: 19 Mei 2019   15:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tangkapan layar | Dokpri

Hendak kemanakah kita hari ini? Apakah sedang menuju kesempurnaan?

Sungguh, siapapun yang ingin sempurna itu membosankan. Bosan dari ketidak-aslian. Terlalu sering hidup dalam kamuflase. Penuh kiasan ...

Jadilah diri sendiri, dengan apa adanya.

Karena menjadi diri sendiri itu lebih baik dan lebih istimewa daripada harus memakai topeng agar seperti orang lain. Tak perlu memaksakan gaya hidup, apalagi gaya yang bukan seperti diri kita sendiri.

Jadilah apa adanya.

Menjadi yang seperti aslinya. Sesederhana yang ada pada diri kita itu lebih enak dilihat. Jangan memaksa untuk jadi segalanya, untuk jadi yang disukai orang lain. Apalagi bila itu tidak seperti aslinya.

Maka menjauhlah dari apa yang bukan milik sendiri; yang bukan apa adanya.   Apalagi ingin menjadi diri orang lain ketimbang jadi diri sendiri. Itu bukan "apa adanya" tapi "ada apanya"...

Oleh sebab itu, jadilah kita apa adanya.

Selalu seperti diri sendiri. Menjadi orang yang tidak pernah rendah diri walau tidak punya. Menjadi orang yang tidak tinggi hati di kala memiliki segalanya.

Jadilah apa adanya. Agar kita lebih bisa mencintai apa yang kita miliki daripada mencintai milik orang lain. Karena sungguh, kita ini sudah cukup seperti yang Allah SWT anugerahi sesuai takaran dan porsi yang pas untuk kita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline