Lihat ke Halaman Asli

Syarif Yunus

Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Siswa SMAN CMBBS Gelar Tradisi Khotmil Quran

Diperbarui: 8 Juni 2018   22:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari ini, Jumat 8 Juni 2018, siswa-siswa kelas X dan XI SMAN CMBBS (Cahaya Madani Banten Boarding School) Pandeglang menyelenggarakan Khotmil Quran. Acara yang digelar sesuai sholat tarawih ini dihadiri seluruh orang tua murid dan para ustadz/ustadzah serta guru di lingkungan sekolah.

Khotmil Qur'an, sebuah tradisi langka fi era milenial bahkan mungkin di lingkungan pendidikan zaman now.  Khotmil Qur'an SMAN CMBBE digelar sebagai tanda setiap siswa-siswi telah selesai mengaji dan membaca Al Qur'an 30 Juz selama bulan Ramadhan 1439 H melalui bimbingan para ustadz/ustadzah. Sementara kehadiran para orang tua sebagai ungkapan rasa syukur dan bangga karena anak-anak mereka telah khatam membaca kitab suci Alqur'an.

Sejak sore tadi, para orang tua siswa telah hadir di SMAN CMBBS untuk mengikuti pertemuan dengan pihak manajemen sekolah SMAN CMBBS di samping pembagian raport para siswa sebagai tanda berakhirnya tahun ajaran ini.

Sebelum kembali ke rumah dan bersanding dengan keluarga, para siswa menuntaskan pembacaan Al Qur'an dalam khotmil Qur'an. Sekali lagi, tradisi khotmil Qur'an siswa SMAN CMBBS inivpatut diacungi jempol. Karena di tengah badai era digital dan zaman milenial, mendidik anak-anak untuk tetap dekat dengan al Quran tidaklah mudah. Tradisi mengaji, tadarus hingga tuntas terus terang sudah semakin langka di zaman now.

Kita berharap dengan tradisi khotmil Qur'an ini, siswa-siswa SMAN CMBBS diberi kemudahan dalam belajar dan memiliki akhlak yang baik sehingga mampu menjadi penerus bangsa yang sesuai harapan. Berbekal khotmil Qur'an diharapkan siswa memiliki kualitas pendidikan spiritual yang mumpuni dalam menghadapi berbagai tantangan zaman, sebagai pelengkap pendidikan kognitif yang diterima di sekolah sehingga mampu melahirkan generasi penerus bangsa yang berkarakter.

2018-06-08-18-24-49-5b1aa37c5e13731b983a0fa4.jpg

Selamat untuk semua siswa SMAN CMBBS. Selamat berlibur dan insya Allah kembali ke sekolah dan asrama pada 15 Juli 2018 nanti dengan penuh semangat dan keberkahan dari Allah SWT.

Ketahuilah, masa depan bangsa ini ada di tangan kalian. Maka tidak cukup hanya pintar secara kognitif. Tapi kita butuh dan hartmus menguatkan spiritual dan karakter. Untuk sebuah masa depan yang lebih baik .... tabikkk #SMAN CMBBS




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline