Lihat ke Halaman Asli

Syarif Yunus

Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Kenapa Sih Orang Zaman Sekarang Gampang Marah?

Diperbarui: 23 Februari 2018   22:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kamu lagi marah ya? Emang kenapa sih?

Capek atau kelamaan antre. Atau kesel sama orang lain. Sabar aja ya...

Gak tahu kenapa, zaman now itu makin banyak orang jadi gampang marah. Marah-marah mulu. Gak di dunia nyata, gak di medsos. Kenapa sih...

Gampang marah. Bawaannya marah-marah. Abis itu memprovokasi. Sebagai tanda gak setuju alias benci. Tiba-tiba, sifat marah berubah jadi kebiasaan. Tanpa bisa diredam lagi. Kalo gak orang lain yang kena marah. Negara juga bisa dimarah-marahin. Negaranya sendiri diomelin. Para pemarah itu pun bersahut-sahutan. Hingga lupa, gimana cara mengakhirinya?

Marah itu kata sifat. Artinya, "sangat tidak senang", berang atau gusar. Lalu berubah jadi kata kerja jika diulang jadi "marah-marah", gampang marah atau doyan marah. Kerjanya gemar memarahi, seneng marah-marah. Gak ada alasannya aja marah, apalagi yang ada alasannya.

Orang yang gampang marah. Pasti gak boleh disanggah. Jangan dilarang. Karena katanya, marah itu manusiawi. Atau kita dibilang sok tahu, kayak gak pernah marah aja. Iya juga ya. Baca tulisan yang panjang kayak gini, juga bisa marah-marah. Capek bacanya, kepanjangan. Marah yang paripurna.

Gampang marah, emang sih gak dilarang. Cuma kalo mau marah ya sekali-kali aja. Topiknya juga beda-beda kek. Jangan marah cuma soal itu-itu doang. Atau bawaannya marah kalo ngeliat orang yang itu-itu aja. Marah kok terus-terusan, kayak komik aja. Dongkol banget sama orang yang itu-itu doang.

Zaman now itu. Ada orang yang kalo udah marah susah banget reda-nya. Ada lagi yang cepat marah tapi cepat reda. Ada juga yang lambat marah lambat reda. Tapi kalo boleh milih yang kayak saya aja "lambat marah tapi cepat reda". Keren kan...

Orang marah kadang agak aneh. Kenapa sih kalo marah harus suaranya keras atau meledak-ledak. Pantes, kalo marah jadi identik dengan caci-maki, hujatan dan sebagainya. Emang gak bisa ya kalo marah suaranya lembut gitu?

Gampang marah. Marah zaman now kayaknya dah jadi penyakit musiman. Apalagi jelang pilkada atau pilpres. Asal beda pilihan, beda idola, beda argumen langsung dah marah-marah. Lihat aja bentar lagi, akan datang musim marahan gara-gara urusan politik.

Kalo dipikir buat apa sih marah?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline