Lihat ke Halaman Asli

Syarif Yunus

Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Orang Sok Tahu "Zaman Now"

Diperbarui: 22 Januari 2018   00:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Gak tahu kenapa? Zaman now makin banyak orang sok tahu.

Pantes ada orang berantem cuma gara-gara langit.

Yang satu ngotot, bilang langit itu warnanya biru. Yang satunya lagi ngeyel, bilang langit itu warnanya putih biru. Mereka berdebat, adu argumen. Biar kelihatan kayak orang pintar. Maklum zaman now, penting banget orang "merasa" pintar. Karenn hanya oranng pintar emang, yang omongnya banyak. Dan gak mau mengalah. Langit aja sampe diomongin, dikasih langit oleh-Nya bukan disyukuri malah dibawa diskusi. Zaman now emang makin banyak oraang sok tahu. Kebawa-bawa dunia politik kali ya.

Emang, siapa sih yang bilang warna langit itu biru?

Manusia itu gak pemah dan gak akan tahu kok warna langit yang sesungguhnya. Karena itu ciptaaan Yang Maha Kuasa. Terus kalo waranya biru juga kenapa? Kalo bukan biru, kenapa? Kok pada ngotot, ngeyel.

Terlalu cepat menyimpulkan.

Begitulah orang zaman now. Cuma karena perasaan atawa pikirannya sendiri. Padahal gak tahu banyak. Tapi terlallu mudah menyimpulkan. Seakan bebas mau bicxara apa saja. Beginilah begitulah, bakal beginilah bakal begtulah. Sok tahu. Tentang apapun, soal apapun.

Kata Emha Ainun Najib, manusia emang suka terburu-buru. Buru-buru menyimpulkan, buru menyalahkan. Buru-buru menyebarkan berita yang belum tentu benar. Lupa ya, kalo kebenaran itu sesungguhnya tersembunyi di beberapa sisi. Bisa di sisi kamu, bisa di sisi saya, bisa juga di sisi mereka. Atau di sisi kebenaran itu sendiri.

Menyimpulkan lalu memvonis.

Bilang si ini orang baik, si itu orang jahat. Si ini zolim si itu gak zolim. Si ini sesat si itu gak sesat. Lupa ya, kalo realitas itu terjadi atas kehendak-Nya. Bukan karena pikiran kita.
Payah emang orang sekarang. Sering terlalu cepat menyimpulkan.

Sudahlah. Di negeri ini, di kota ini. Apapun yang terjadi terima saja. Ada bagian yang diurus sama manusianya kok. Dan ada bagian yang bukan urusan manusia lagi. Lagi pula, apa yang kelihatan baik hari ini belum tentu baik untuk esok. Apa yang dirasa buruk hari ini, belum tentu pula buruk untuk esok.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline