Lihat ke Halaman Asli

Syarif Yunus

Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Spirit 3A IKA UNJ

Diperbarui: 18 Juli 2017   22:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

koleksi pribadi

Mengapa kita tidak memberdayakan IKATAN ALUMNI ?

Di era digital dan millennium seperti sekarang, peran Ikatan Alumni bukan hanya penting. Tapi juga krusial. PENTING karena dapat mewujudkan visi dan misi suatu Perguruan Tinggi (PT), termasuk menunjang kegiatan Akreditasi PT. KRUSIAL karena Ikatan Alumni dapat menjadi ujung tombak dalam meningkatkan reputasi dan citra PT di mata masyarakat, di samping dapat memberi dharma bakti professional kepada almamater.

Kita semua tahu. Hampir semua PT yang "berkualitas" selalu ditopang oleh Ikatan Alumni yang kuat dan mumpuni. Realitas ini pada gilirannya akan dapat meningkatkan mutu lulusan PT, di samping citra PT yang menjadi lebih baik. Maka, keberadaan Ikatan Alumni, di mana pun patut diberdayakan, dioptimalkan.  Alumni merupakan aset penting kampus yang harus dirangkul dan dikembangkan oleh setiap PT. Siapapun, almamater maupun alumninya sendiri harus "bergerak" untuk organisasi Ikatan Alumni.

Lalu, apa yang perlu dilakukan untuk Ikatan Alumni?

Sungguh tidak perlu diskusi lagi. PT apapun, kini hanya butuh segera bergerak dan "membanguun sinergi".  Alumni dan almamater harus bersinergi. Karena alumni jadi "seperti sekarang" karena ada peran almamater. Sebaliknya, almamater bisa jadi "lebih berkualitas" karena alumni ikut andil membesarkannya. Maka sangat disayangkan, jika banyak alumni yang sukses dan menduduki jabatan strategis, tapi tidak mampu "bersinergi" dengan kampusnya, Akhirnya, kampus jalan ke mana? Alumni jalan ke mana? Tidak ada sinergi, tidak ada kepedulian.

Sungguh patut direnungkan ...

Kampus mana yang punya "nama besar" di situ pasti ada Ikatan Alumni yang kuat. Kampus mana yang "mentereng", karena di situ ada kumpulan alumni yang berprestasi dan berkualitas. Kampus mana yang dulunya "jelek" sekarang "bagus" karena alumninya ikut terlibat dalam "membesarkan" kampusnya sendiri.

Maka, setidaknya ada 5 spirit mendasar, mengapa IKATAN ALUMNI penting dan krusial bagi suatu kampus atau Perguruan Tinggi?

1.  Alumnidapat berperan dalam memberikan masukan, sumbangsih pemikiran, dan program nyata bagi kemajuan almamater.

2.  Alumni memiliki potensi dan kompetensi professional yang dapat dikontribusikan ke dalam kampus, di samping dapat membangun opini publik demi "nama baik" kampus.

3.  Alumni sebagai produk almamater dapat menjadi relasi penting dalam memperluas jaringan kampus dengan insitusi di luar kampus.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline