Lihat ke Halaman Asli

Syarif Yunus

Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Puasa Sumringah

Diperbarui: 12 Juni 2017   22:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

SUMRINGAH... #PuasanyaSurti

Sumringah itu bahasa Jawa. Bukan bahasa Indonesia. Artinya, kurang lebih bahagia, senang hingga berseri-seri. Sumringah, tentu bukan hanya dari tampang atawa wajah. Tapi tercermin di hati dan perilaku, mungkin juga omongan atawa celotehan.

Kemarin-kemarin, banyak orang yang sumringah menyambut bulan puasa. Gak tahu, sampe sekarang apa gak? Maklum, karena bulan puasa bulan diobralnya pahala, ampunan, berkah dan rahmat Allah SWT.

Seperti kamu atawa orang-orang lain, Surti juga senang banget menyambut bulan puasa. Sumringah, karena bisa getol ibadah sebulan oenuh. Setelah 11 bulan kerjanya "memperturutkan hawa nafsu". Akhirnya bisa ketemu bulan, di mana kita diminta untuk mengerem semuanya. "Bulan buat MENAHAN DIRI tuk segala urusan, apalagi yang bersifat duniawi. Berserah diri sambil merasakan lapar dan haus. Puasanya Surti, puasa lahir juga batin" ujar Surti membatin.

Sumringah itu emang bukan cuma urusan fisik. Tapi juga batin. Biar puasa bisa berbekas, puasa yang membaikkan semua pihak. Diri sendiri, orang lain atawa bangsanya. Maka puasa yang sumringah, harusnya puasa yang mampu membuka mata (mata batin) untuk "melihat ke depan", puasanya orang-orang optimis, bukan optimis. Puasa yang gak sekedar tahu itu baik. Tapi puasa yang konkret berbuat kebaikan, muamalah yang baik.

Tapi sayang, batin Surti, gak sedikit orang yang masih saja sudi "mengotori" puasa dengan hal-hal yang gak manfaat, ghibah alias ngomongin orang, atawa bertutur tentang hal baik dengan cara-cara yang gak baik. Puasa jadi gak sumringah ...

Semua sepakat. Puasa itu bulannya ibadah, bulannya introspeksi diri. Banyak-banyak muhasabah diri. Buat diri sendiri bukan buat orang lain. Karena diri kita tidak lebih baik dari orang lain. Kita sering lupa, sering alpa. Siapa sih sebenarnya kita? Sampe-sampe lupa, dari mana kita berasal dan mau ke mana kita menuju?

Pantes, buat sebagian mereka, puasa gak antusias, puasa gak sumringah.
Karena di saat puasa, mereka gagal "menahan diri" dari yang jelek-jelek. Gak mampu bertahan dalam pikuran dan ucapan kebaikan.

Puasa gak sumringah.
Karena yang dibahas cuma soal berasa lapar, atawa waktu berbuka tiba. Panas terik matahari jadi masalah. Kurang tidur jadi masalah. Macet jadi masalah. Padahal semua itu, puasa gak puasa ya emang begitu.

Puasa gak sumringah.
Banyakin tadarus, khatam Al Quran. Banyakin zikir, itikaf. Bahkan sholat tarawih pun tetap aja gak berubah. Begitu-begitu aja. Dari puasa ke puasa gak ada "prestasi" ibadah yang luar biasa. Itu namanya puasa gak sumringah ... Semoga aja masih bisa ketemu puasa di tahun depan ya.

Sumringah...
Itu bukan soal kamu "merasa" tapi soal kenapa kamu harus "memberi". Bukan soal berapa lama nafas kamu berhembus. Tapi soal apa yang kamu perbuat saat menghembuskan nafas ... Sederhana kan.

Mumpung belum telat. Mumpung masih ada waktu. Jadikan puasa yang tersisa lebih sumringah.
Karena kemarin, bisa jadi kita belum baik. Maka inilah momentum untuk menjadi lebih baik, dan lebih baik lagi ... Agar puasa kita tetap SUMRINGAH #PuasanyaSurti #QiyamulLail




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline