Lihat ke Halaman Asli

Syarif Yunus

Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Elo Emang Juara; Gak Ada Salahnya

Diperbarui: 24 Maret 2017   22:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

“Elo emang juara” Si Kuple membatin.

Apa aja dikomentarin. Biar gak tau banyak, yang penting komen. Segala rupa dipikirin, semua dihitung untung ruginya.Kalo si ini jadi pemimpin begini, kalo si itu jadi pemimpin begitu. Hebatt banget sih, elo mah emang juara dah… Nomor wahid.

Elo emang juara. Sampe-sampe ngerasa paling benar. Untung aja gak lupa, kalo di atas langit ada langit. Emang gak ada topik laen apa? Dari pagi sampe malem, cuma begituan doang. Iya begituan, bukan beginian. Mungkin biar orang laen kena pengaruh kali ya. Atau pengen memaksakan kehendak. Sampe gak boleh ada ruang untuk berbeda. Sekali lagi, elo emang juara …

Saking juaranya, elo pasti gak bakal terima. Kalo ada orang laen yang beda pendapat. Ngajak debat, ngajak adu argumen. Terus, kalo tetap gak sepaham. Ujung-ujungnya bilang, ““Udahlah, kita sama-sama benar kok. Hanya sudut pandang kita yang berbeda”. Kesannya bijak banget. Sampe orang di sebelahnya, melongon sambil mendelik.

Elo emang juara dah. Jago banget, gak ada duanya. Elo doang yang bener, orang laen salah. Untung aja langit bukan tiker. Saking juaranya, bisa-bisa langit digulung hehe.

Elo emang juara.

Karena paling bisa ngelihat satu hal tanpa perlu mengaitkan dengan hal lain. Bar kata logikanya salah, tetap aja dianggap sebagai keyakinan. Keren abiss …

Lagi-lagi, saking juaranya. Kalo orang laen yang ngomong pasti salah terus. Giliran elo yang ngomong, pasti gak ada salahnya. Juara banget sih elo …

Padahal elo yang bilang, kalo kebenaran mutlak itu milik Allah. Tapi di saat yang sama, logika elo dianggap gak bakal salah. Apalah namanya, argumen kek analisis kek, pokoknya elo bener semua deh …. Sampe-sampe gak bisa bedain sentimen apa gak?

Emang ngeri-ngeri sedap sih.

Dulu kita diajarkan, bahwa dasar kebenaran itu adalah data dan bukti empiris. Tapi kalo sekarang, kebenaran itu dasarnya subjektif dan sentimen udah cukup.

Saking juaranya, kita suka jadi keder.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline