Lihat ke Halaman Asli

Syania Nur Anggraini

UIN Walisongo Semarang

Susu Berlimpah buat Kreativitas Warga Desa Kertawangi Tergugah

Diperbarui: 22 Juli 2022   06:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Susu berlimpah buat  kreativitas warga desa Kertawangi tergugah (Foto : Fauzan Sidik)

Bandung Barat - Keberadaan susu tentu tidak jauh dengan adanya peternakan, di desa Kertawangi ini terdapat sejumlah peternakan, khususnya yang memfokuskan pada pembudidayaan sapi perah. Salah satunya yakni peternakan yang dimotori oleh Guntur, ia merupakan pemuda asli desa Kertawangi yang bergelut di dunia peternakan peninggalan orang tuanya, yang sudah berdiri sejak tahun 1988 lalu. Rabo (20/7).

Ujar Guntur, Setiap harinya peternakan dapat menghasilkan 150 liter, kemudian diserahkan ke PT. UD Sarwa Mukti. Untuk kemudian 99% nya dikirimkan ke PT. Ultrajaya Milk, yang setiap harinya berkisar 12000 liter.

Selebihnya susu tersebut dikreasikan menjadi segudang olahan oleh warga setempat, salah satunya oleh kelompok tani ternak sapi perah “cipeusing mandiri” yang terletak di desa Kertawangi RT 03 RW 04.

Berbagai olahan dibuat untuk kemudian di distribusikan ke KUD. Sarwa Mukti, diantaranya yakni berupa  olahan kering seperti halnya dodol susu, krupuk susu, caramel susu, dan noga susu. Olahan basah seperti susu murni yang sudah masak, yogurt, es cream susu murni, es cream susu buah, dan keju mozzarella.

Harga ekonomis rasa energis, satu kalimat yang cocok untuk kreasi olahan susu di KUD ini, tempat nya yang recommended untuk dikunjungi dapat menjadi salah satu tujuan untuk membeli buah tangan, dengan ciri khas olahan susunya.

Dengan Patokan harga produk yang dijual mulai dari Rp. 5000 rupiah hingga Rp. 30.000 an, kita sudah dapat menikmati sensasi susu segar dengan rasa yang beragam, sungguh kenikmatan duniawi yang tiada tara.

Untuk para pembaca yang berkesempatan mengunjungi desa Kertawangi tak ada salahnya untuk sejenak datang dan mencicipi berbagai olahan Susu yang terdapat di KUD ini serta menjadikannya alternatif pilihan buah tangan untuk orang terkasih dirumah.

Penulis : Dewi Septy Mukhoyaroh, Fakhrina Salsabila, dan Syania Nur Anggraini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline