Lihat ke Halaman Asli

Jembatan Ini Layak Dapat Guinness World Record

Diperbarui: 21 Agustus 2015   23:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Foto Jembatan Mahkota II Samarinda, dokumen pribadi"][/caption]

 

Jembatan Mahakam Kota (Mahkota) II di Ibu Kota Provinsi Kaltim, Samarinda, layak mendapat guinness world record (rekor muri dunia). Bukan karena panjang jembatan atau besaran dana yang tersedot untuk pembangunannya, namun karena pembuatan jembatan ini sudah berlangsung 13 tahun, sejak 2002 hingga saat ini.

Informasi terakhir dari Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Pemkot Samarinda, Hero Mardanus, progress pembangunan jembatan sudah mencapai 85 persen dan baru akan selesai akhir tahun ini. Hingga selesai diperkirakan jembatan ini akan menghabiskan dana sekitar Rp 600 juta. Wow sunggu dana yang tentu tidak sedikit mengingat badai defisit sempat mengguncang neraca keuangan Pemkot Samarinda.

Meski diperkirakan sudah bisa beroperasi awal tahun depan, namun jembatan sepanjang kurang lebih 1,4 Km masih menyimpan sejumlah masalah. Seperti pembebasan akses pendekat dari arah Kelurahan Sungai Kapih, Kecamatan Sambutan menuju jembatan. Pemkot harus kembali mengucurkan dana sekitar Rp 100 miliar untuk pembebasan lahan warga.

Jika jembatan ini selesai, dipastikan beban Jembatan Mahakam (kakak Mahkota II) akan berkurang. Kemacetan yang terjadi di Jembatan Mahakam setiap pagi dan sore akan terurai, sebab warga yang ada di pusat kota yang hendak ke Palaran atau sebaliknya tentu lebih memilih akses ini karena jauh lebih dekat. Tetapi lagi-lagi dengan catatan, Jalan di Otto Iskandardinata dibersihkan dari Pedagang Kaki Lima (PKL) yang hingga saat ini menjadi salah satu faktor kemacetan di daerah tersebut.

Memang sepertinya masih banyak masalah yang harus diselesaikan ketika jembatan terpanjang di Kalimantan Timur itu selesai dibangun. Namun aku dan masyarakat Samarinda lainnya tentu sudah sangat menunggu jembatan ini bisa dilalui. Terutama untuk selfie. :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline