Lihat ke Halaman Asli

Secangkir Teh Manis Habib Qreschev

Diperbarui: 12 Oktober 2015   09:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

 

DATA BUKU

JUDUL BUKU  : M Quraish Shihab : Cahaya, Cinta dan Canda

PENULIS : Mauluddin Anwar, Latief Siregar, Hadi Mustofa

PENERBITA : Lentera Hati

JUMLAH HALAMAN : 309 Halaman

TAHUN TERBIT : Juli, 2015

Muhammad Quraish Shihab, biasa disapa Quraish,  sama seperti kita dalam kesehariannya. Ia kadang sedih, menangis, gembira,  tertawa bahkan bisa pula bercanda. Quraish bukan sosok serius dan detil seperti  kita lihat dalam program acara religius ketika dia menafsirkan ayat-ayat Alquran. Buku ini ingin mengungkap sisi lain dari kehidupannya  mulai dari kecil hingga meraih gelar doktor tafsir  Alquran dari Universitas Al Azhar Mesir.

 

Tapi buku ini bukan buku biografi yang mengungkap secara detil perjalanannya. Trio  penulis buku ini hanya mengambil snapshot  perjalanan hidupnya, yang sama sekali jauh dari "bau” tafsir Alquran. Kalau pun ada, itu juga tidak berpanjang lebar seperti Quraish menafsirkan Alquran di layar televisi. Semisal ada bab soal jilbab ataupun tudingan dirinya  sebagai penganut syiah.

Buku setebal 309 halaman ini dibuka dengan cerita masa kecil Quraish. Ia lahir 16 Februari 1944 di Lotasalo, Kabupaten Sidenreng Rappang,
Sulawesi Selatan,  anak keempat dari 12 bersaudara dari
Abdurrahman Shihab dan Asma. Orangtua ini  sangat memperhatikan betul pendidikan putra putrinya. "Aba tidak akan meninggalkan harta buat kalian, tapi semoga bekal pendidikan dapat Aba usahakan. Kalau perlu Aba jual gigi," kata-kata ayahnya itu selalu tergiang di telinga Quraish kecil (Hal.12). Begitulah hingga akhirnya Quraish  mengondol gelar doktor di bidang tafsir Alquran dari Universitas Al Azhar Mesir.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline