Lihat ke Halaman Asli

Book Project; Teman Saya Beda Agama

Diperbarui: 24 Juni 2015   19:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1355404395623856671

Sebagai sebuah negara yang dihuni oleh jutaan penduduk yang beraneka ragam baik dari segi agama, bahasa, budaya, suku dan warna kulit, maka tentu menjadi sebuah kewajiban untuk dapat menjaga dan saling menghargai perbedaan yang masing-masing kita miliki. Semboyang negara, Bhineka Tunggal Ika seharusnya dapat diimplementasikan dalam kehidupan keseharian. Sayangnya, tanpa bermaksud untuk mencoba mengingatkan kembali tentang sebuah tragedi, ada-ada saja konflik yang terjadi yang melibatkan dua kelompok yang berbeda. Konflik berdarah Ambon dan Poso misalnya yang melibatkan dua kelompok agama yang berbeda tentunya menyisakan trauma mendalam terutama bagi yang menjadi korban tragedi tersebut. Kita tentu tidak mau ini semua terjadi ekmbali. Sehingga untuk itu, maka kita perlu membangun kembali kesadaran multikultular yang meyakini bahwa perbedaan diantara kita adalah sebuah keniscayaan dan anugerah bukan justru menjadi sebuah bencana. Untuk itulah, proyek kecil ini dilaksanakan. Saya percaya bahwa, untuk dapat membangun kesolidan antar ummat beragama maka penting untuk kemudian melaksanakan kegiatan–kegiatan yang melibatkan berbagai agama. Teman Saya Beda Agama, adalah proyek penerbitan sebuah kumpulan tulisan dimana tema besarnya adalah tentang persahabatan berbeda agama.Tulisan bisa berbentuk fiksi maupun non fiksi. Syarat dan ketentuan Penulisan:

  • Tulisan bisa berbentuk fiksi ataupun yang diangkat dari kisah nyata tentang persahabatan dengan teman yang berbeda agama. Mohon diberi catatan jika tulisan tersebut fiksi atau non fiksi.
  • Isi tulisan tidak mengandung unsur sara apalagi penghinaan terhadap kelompok tertentu.
  • Panjang tulisan minimal 3 halaman A4. Tidak ada Diketik dalam format Word spasi 2, Times New Roman, margin 3 cm.
  • Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu tulisan.
  • Sertakan biodata lengkap. Nama pena jika punya, tempat tgl lahir, alamat, profesi, sertanomer handphone yg bisa dihubungi. Boleh dilengkapi foto diri.
  • Naskah yang nantinya diterima panitia dan layak dibukukan akan diterbitkan dalam sebuah buku antologi.
  • Batas akhir pengiriman naskah yakni 28 Februari 2013.
  • Pengumuman Naskah pada bulan Maret dan rencana penerbitan buku di bulan April.
  • Tiga peserta terbaik akan mendapatkan merchandise, buku hasil dari proyek ini serta, uang pembinaan.

Proyek  ini bertujuan untuk mencoba menggerakkan hati teman-teman untuk mau berbagi pengalamannya berteman dengan teman yang berbeda agama. Mari buktikan kalau agama bukan halangan untuk kita memilih teman. Jika memiliki pertanyaan terkait dengan event ini, silahkan mengirimkan melalu e-mail ke temankubedaagama@yahoo.co.id atau menghubungi nomer ini 085399888602 Cheers :-)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline