Lihat ke Halaman Asli

Syamsuddin

Pembelajar sejati, praktisi dan pemerhati pendidikan

Salat Ini Menggantikan Sedekah 360 Persendian

Diperbarui: 8 April 2023   07:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Rasulullah shallallahu 'alihi wa sallam  pernah mengabarkan melalui sabdanya yang diriwayatkan oleh Imam Muslim,  "Bagi masing-masing persendian dari anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap hari".

Sedekahnya bisa dilakukan dengan membaca zikir-zikir tertentu, karena pada dasarnya setiap kebaikan adalah sedekah. Tentu tanpa menafikan sedekah dalam bentuk harta dan atau uang. 

"Setiap tasbih (subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (alhamdulillah) adalah sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) adalah sedekah. Amar  ma'ruf (menyuruh kepada kebaikan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah.  Maksudnya  amalan-amalan tersebut bernilai dan berpahala seperti sedekah dengan harta. 

Nah, semua itu jika tidak dapat dilakukan maka dapat digantikan oleh salat Dhua 2 raka'at. 

''Wa yujziu zalika rak'atani yarka'huma min adh-dhuha; Semua itu bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan salat Dhuha dua raka'at" (terj. HR. Muslim).


Menurut ilmu anatomi bahwa  jumlah persendian yang ada pada seluruh tubuh manusia sebagaimana dimakud dalam hadis dan dibuktikan dalam ilmu anatomi adalah 360 persendian. 

Ke360 persendian tersebut harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi hari. Tentu hal itu sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Andaikan setiap ruas atau persendian sedekahnya Rp 1000 saja, maka setiap hari Rp 360.000 yang harus disedekahkan. Namun jumlah yang banyak itu dapat digantikan dengan dua raka'at shalat Dhuha, sebagaimana dikabarkan oleh Nabi dalam hadis    di atas dan  atau hadis lainnya.

"Manusia memiliki 360 persendian. Setiap persendian itu memiliki kewajiban untuk bersedekah." Para sahabat bertanya, "Lalu siapa yang mampu melakukan hal itu (bersedekah dengan seluruh persendiannya), wahai Rasulullah?" Maka Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan, "Menanam bekas ludah di masjid atau menyingkirkan gangguan dari jalanan. Jika engkau tidak mampu melakukan seperti itu, maka cukup lakukan shalat Dhuha dua raka'at." (terj. HR. Ahmad).


Apa itu Salat Dhuha?

Salat Dhuha sesuai namanya, yaitu salat yang dikerjakan pada waktu Dhuha, yaitu waktu ketika matahari mulai meninggi setinggi tombak setelah terbit. Walau demikian waktu pelaksanaan salat Dhuha mulai sejak terbit mata hari sekira setinggi tombak sampai menjelang zawal (tergelincir matahari), kurang lebih 10-15 menit menjelang masuknya waktu zuhur. 

Menurut hadis sahih riwayat Imam Muslim, waktu afdhal (utama) melaksanakan salat Dhuha adalah, ''hiina tarmadhul fishal; ketika anak-anak Unta sudah mulai kepanasan". Ya kurang lebih mulai sekira jam 9 pagi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline