Lihat ke Halaman Asli

Sakhiyul Anam

*Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA)*

Mengenal Puisi Melalui Pembelajaran yang Menyenangkan di Kelas 8 SMPN 20 Semarang

Diperbarui: 3 Januari 2023   10:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang memiliki keunikan tersendiri. Puisi tidak hanya menyajikan teks yang indah dan bermakna, tetapi juga mengandung simbolisme dan metafora yang membantu pembacanya untuk lebih memahami dan menghayati isi teks tersebut.

Di SMP N 20 Semarang, pembelajaran puisi di kelas 8 merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap penting. Hal ini dikarenakan pembelajaran puisi tidak hanya membantu siswa memahami teks puisi secara lebih mendalam, tetapi juga memperkuat keterampilan berbicara, menulis, dan berpikir kritis siswa.

Pendidik di SMP N 20 Semarang memahami bahwa pembelajaran puisi harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan bagi siswa agar dapat memberikan manfaat yang optimal. Oleh karena itu, pendidik di sekolah ini tidak hanya menyajikan teks puisi secara langsung, tetapi juga menggunakan berbagai metode pembelajaran yang menyenangkan, seperti menganalisis struktur, tokoh, tema, dan simbol dalam puisi, serta membahas dan mengevaluasi interpretasi puisi melalui diskusi kelompok.

Selain itu, pendidik juga mengajak siswa untuk melakukan latihan menulis puisi, baik dengan menulis puisi baru atau dengan menulis ulang puisi yang telah ada. Pendidik juga memberikan tugas-tugas yang menantang namun tetap sesuai dengan kemampuan siswa, seperti membuat presentasi tentang puisi yang telah dibaca atau menulis ulasan tentang puisi tersebut.

Untuk menggunakan pembelajaran diskusi kelompok dalam pembelajaran puisi, berikut strategi yang digunakan guru di SMP N 20 Semarang:

Menyiapkan beberapa kata kunci yang akan dibahas sebelum kegiatan diskusi kelompok dimulai. Kata kunci tersebut dapat dipilih sesuai dengan tema yang akan dibahas atau sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.

Membagi kelompok siswa secara merata dan menetapkan tujuan dan aturan yang jelas untuk kegiatan diskusi kelompok.

Memberikan beberapa video puisi yang mana video tersebut bisa memberikan gambaran kepada siswa bagaimana cara membuat puisi yang benar

Memberikan gambaran cara membuat puisi melalui penjelasan mulai dari apa itu puisi, sampai dengan unsur unsur yang membangun pada puisi.

Memfasilitasi kegiatan diskusi kelompok dengan cara yang tidak dominan. Fasilitator harus memberi kesempatan kepada siswa untuk berbicara dan memberikan masukan secara merata.

Menyediakan beberapa pertanyaan yang dapat membantu siswa memahami puisi yang dibahas, seperti:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline