Lihat ke Halaman Asli

Syaikhul Hadi

Buruh Tulis

Tilang Elektronik Bikin Nyali Pelanggar Ciut

Diperbarui: 24 Januari 2021   20:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana lalu lintas di Kota Surabaya/dokpri

Pelanggaran lalu lintas, kerap menjadi persoalan yang sulit dihindari. Meski sepele, nyatanya kecelakaan sedikit banyak bersumber dari pelanggaran lalu lintas. 

Satlantas Polresta Sidoarjo pernah merilis kasus pelanggaran lalu lintas yang terjadi selama setahun terakhir di tahun 2020. Meski demikian angka tersebut terbilang turun dari tahun sebelumnya yakni, tilang dari 120.285 kasus menjadi 33.857 kasus atau turun sekitar 71,8 persen. Sedangkan teguran juga turun sebanyak 68,07 persen, dan kecelakaan lalu lintas turun menjadi 2,73 persen. 

Kecelakaan lalu lintas tidak hanya merugikan diri sendiri, melainkan pengendara (orang) lain. Kecelakaan lalu lintas juga tidak hanya menyebabkan luka-luka, motor ringsek, dan sebagainya, melainkan bisa menyebabkan kematian. 

Tak sedikit pengendara, bahkan diri saya sendiri terkadang abai dalam penggunaan standarisasi kendaraan bermotor. Seperti helm misalnya, terkadang kita lupa menggunakan helm karena mungkin jarak yang bakal kita lalui hanya terpaut satu desa, atau pada saat kita keluar menggunakan motor,  kondisinya memang sudah larut malam dan sepi pengendara. Sehingga malas sekali menggunakan helm. 

Padahal jika ditelisik kembali, dibalik penggunaan helm untuk melindungi kepala kita dari benturan, jika nantinya terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Dan perlu diketahui didalam kepala manusia terdapat banyak titik-titik syaraf dimana saat terjadinya benturan bisa menyebabkan sesuatu yang fatal. 

Nah, hal-hal sepele seperti ini lah yang sering kita lupakan, meski dampaknya sangat besar. Belum lagi, menerobos lampu merah dengan kecepatan yang tinggi.

Pihak kepolisian sudah berupaya semaksimal mungkin dengan menjaga di pos-pos, traffic light, dan lain sebagainya. Bahkan polisi tak segan-segan memberikan sanksi baik teguran, tilang, hingga mengamankan kendaraan bermotor, jika tidak dilengkapi surat-surat kendaraan bermotor. Nyatanya, tak juga membuat efek jera bagi pelanggar lalu lintas. 

Bahkan tak sedikit, pelanggar yang terpaksa kucing-kucingan dengan petugas agar lolos dari sanksi tilang. Bukan tidak mungkin, itu menjadi keresahan tersendiri bagi pengendara lain, agar terhindar dari tabrakan dijalan yang disebabkan pelanggar bandel. 

Dari tahun ke tahun, Polri terus berinovasi dalam meningkatkan pengawasan bagi pelanggar lalu lintas. Sejak beberapa tahun terakhir, Polri mulai memberlakukan Tilang Elektronik dibeberapa daerah tertentu. Seperti Surabaya misalnya. Inovasi seperti itu juga didukung pemerintah kota Surabaya. Bahkan pemerintah kota Surabaya melalui Dinas Perhubungan telah  memasang camera CCTV diberbagai sudut Ibu kota Jawa Timur tersebut. 

Konon, pemasangan CCTV, selain bisa memantau kondisi terkini arus lalu lintas di Surabaya, juga sangat membantu dalam mengidentifikasi pelaku kejahatan yang kerap beraksi di Surabaya, dikarenakan CCTV yang dimiliki Kota Surabaya sudah dilengkapi dengan Face Recognition (Pengenalan Wajah). 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline