Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Syaihu

Guru MTsN 4 Kota Surabaya

Ambisi Spanyol Kawinkan Gelar Euro 2024 dan Medali Emas Olimpiade, Tidaklah Mudah

Diperbarui: 6 Agustus 2024   20:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fermin Lopez (tengah) lolos dari sergapan pemain belakan Maroko dan berhasil cetak gol balasan (foto : VOI)

Spanyol Berambisi Kawinkan Gelar Euro 2024 dengan Medali Emas Olimpiade, Harus Kalahkan Tuan Rumah Prancis

Kedigdayaan  Spanyol di bidang sepak bola ternyata belum habis, setelah menjuarai Piala Eropa 2024, tim yuniornya yaitu Timnas U-23 Spanyol sekali lagi menunjukkan kelasnya di kancah internasional dengan lolos ke final Olimpiade 2024 setelah kemenangan dramatis 2-1 atas Maroko. 

Laga semifinal yang berlangsung di Stade de Marseille pada Senin (5/8/2024) itu penuh dengan ketegangan dan momen-momen krusial yang membuktikan semangat juang dan kualitas tim Spanyol.

Jalannya Pertandingan

Spanyol memulai pertandingan dengan dominasi penuh. Fermin Lopez, gelandang muda berbakat dari Barcelona, menjadi motor serangan La Rojita. Dalam setengah jam pertama, Fermin memiliki dua peluang emas untuk mencetak gol, namun kiper Maroko, Munir, tampil gemilang dengan menggagalkan tembakannya.

Namun, sebuah insiden mengubah jalannya pertandingan. Wasit Ilgiz Tantashev dari Uzbekistan mengalami cedera setelah bertabrakan dengan bek Spanyol, Marc Pubill, dan harus digantikan oleh ofisial keempat, Glenn Nyberg dari Swedia. Insiden ini menjadi titik balik bagi Maroko yang berhasil memanfaatkan situasi.

Pada menit ke-30, Maroko mendapatkan hadiah penalti setelah Pablo Barrios dinilai melanggar Amir Richardson di kotak terlarang. Soufiane Rahimi, eksekutor penalti andalan Maroko, dengan tenang menjebol gawang Arnau Tenas, membuat Maroko unggul 1-0 hingga akhir babak pertama.

Kebangkitan Spanyol di Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Spanyol tampil lebih agresif. Pelatih Santi Denia melakukan beberapa perubahan strategi untuk mengejar ketertinggalan. Tekanan terus-menerus dari Spanyol akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-66. Adrian Bernabe, pemain pengganti yang baru masuk, memberikan kontribusi besar dengan menerobos kotak penalti Maroko. Meski terjatuh, bola berhasil direbut oleh Fermin Lopez yang kemudian menembak mendatar ke gawang, menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Gol penyeimbang tersebut memberikan semangat baru bagi tim Spanyol. Mereka terus menekan dan mencari celah untuk mencetak gol kemenangan. Lima menit menjelang akhir waktu normal, Fermin Lopez kembali beraksi. Kali ini, umpan pendeknya di sisi kanan serangan diteruskan oleh Juanlu Sanchez yang melakukan giringan bola dan menembak ke tiang jauh, membuat Spanyol unggul 2-1. Gol ini memastikan kemenangan Spanyol dan tiket ke final Olimpiade.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline