Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Syaihu

Guru MTsN 4 Kota Surabaya

Australia U-19 Menang Dramatis Lewat Adu Pinalti Lawan Malaysia

Diperbarui: 29 Juli 2024   20:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Skuad Australia akhirnya Juara 3 Piala AFF U-19 setelah menang adu pinalti lawan Malaysia (Tribunnews.com)

Australia U19 Meraih Kemenangan Dramatis atas Malaysia U19 Lewat Adu Penalti di Piala AFF U19 2024 (Ahmad Syaihu)

Pada hari Senin, 29 Juli 2024, pertandingan perebutan juara ketiga Piala AFF U19 2024 berlangsung sengit antara Australia U19 dan Malaysia U19 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Setelah bermain imbang 1-1 dalam waktu penuh, Australia berhasil mengungguli Malaysia melalui adu penalti dengan skor akhir 5-3, memastikan posisi ketiga dalam turnamen ini.

Jalannya Pertandingan

Sejak awal, Australia tampil dominan dengan strategi menyerang yang agresif. Tekanan terus-menerus dari tim Australia membuahkan hasil pada menit ke-28 ketika Marcus James Younis mencetak gol pertama melalui sebuah skema serangan yang rapi. Gol tersebut memberikan keunggulan 1-0 bagi Australia, yang bertahan hingga babak pertama usai.

Malaysia, yang sempat tertinggal, mencoba meningkatkan tempo permainan mereka setelah jeda. Peluang demi peluang mulai tercipta, namun pertahanan Australia yang solid dan penampilan gemilang kiper Daniel Alexander Graskoski menggagalkan usaha Malaysia untuk menyamakan kedudukan.

Gol Balasan Malaysia

Momentum bagi Malaysia akhirnya datang pada menit ke-73. Dalam upaya untuk menghalau bola, pemain Australia Jake Najdovski melakukan kesalahan fatal yang berujung pada gol bunuh diri, sehingga skor berubah menjadi 1-1. Gol ini memberikan semangat baru bagi Malaysia untuk terus menekan Australia dalam sisa waktu pertandingan.

Timnas Australia U-19 setelah menjadi juara 3 Piala AFF U-19 (Bola.com)

Adu Penalti yang Menentukan

Dengan hasil imbang 1-1 hingga akhir waktu normal, pertandingan harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Dalam babak ini, kelima pemain Australia yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugas mereka dengan sempurna. Di sisi lain, penampilan gemilang kiper Australia Daniel Alexander Graskoski yang berhasil menepis tendangan Zachary Zahidadil dari Malaysia menjadi penentu kemenangan Australia dengan skor 5-3 dalam adu penalti.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline