Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Syaihu

Guru MTsN 4 Kota Surabaya

Timnas Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023, Setelah Mendapat Durian Runtuh

Diperbarui: 25 Januari 2024   07:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemain Indonesia kalah cepat dalam perebutan bola dengan pemain Jepang, Indonesia kalah 1-3 (foto : REUTERS/Thaiher Al Sudani)

Pertandingan akhir di Grup D, pada Rabu 24 Januari 2024, berakhir dengan kekalahan Timnas Indonesia dari Jepang dnegan skor 1-3. Dengan poin 3 Indonesia menduduki Peringkat 3 Grup D dan masih ada peluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 Qaytar, meskipun dengan syarat yang sulit itupun ditentukan Pertandingan di Grup E dan Gruip F.

Fase grup Piala Asia 2023 telah mencapai tahap akhir, dengan Grup A, Grup B, dan Grup C sudah menyelesaikan semua pertandingan tiga matchday. Hasilnya memberikan gambaran jelas tentang tim-tim yang lolos otomatis ke babak 16 besar.

Qatar dan Tajikistan memuncaki Grup A, Australia dan Uzbekistan dari Grup B, Iran dan Uni Emirat Arab dari Grup C, serta Irak dan Jepang dari Grup D.

Delapan tim tersebut berhak melangkah ke babak selanjutnya, meninggalkan tim-tim peringkat tiga dengan peluang untuk mengamankan tempat di babak 16 besar Piala Asia 2023.

Palestina menjadi satu-satunya tim peringkat tiga yang sudah dipastikan lolos, dengan meraih 4 poin dari satu kemenangan dan satu hasil imbang, serta unggul dalam jumlah gol dicetak.

Saat ini, Palestina memimpin klasemen tim peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023, tetapi situasi masih dinamis dengan pertandingan yang akan datang.

Suriah, meski memiliki jumlah poin yang sama dengan Palestina, belum dapat memastikan kelolosan mereka karena persaingan sengit dengan Indonesia, Bahrain, dan Oman yang masih akan bertanding.

Untuk Timnas Indonesia, peluang lolos sangat besar, namun tantangan ada pada hasil pertandingan di Grup E dan F. Skuad Garuda berharap Bahrain kalah dari Yordania, sementara pertandingan Oman vs Kirgistan berakhir imbang.

Klasemen Peringkat Tiga Piala Asia 2023

1. Palestina (4 poin)
2. Suriah (4 poin)
3. Bahrain (3 poin)
4. Indonesia (3 poin)
5. China (2 poin)
6. Oman (1 poin)

Dengan skenario yang sesuai, Indonesia masih dapat meraih tiket ke babak berikutnya, meski jalannya sulit ibarat menunggu durian runtuh dari pertandingan di Grup E dan F

Meskipun situasinya sulit, para penggemar sepak bola Indonesia tetap optimis. Legenda Sepak Bola Indonesia telah memberikan pujian terhadap taktik Shin Tae-yong, meskipun tim mengalami kekalahan dari Jepang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline