Lihat ke Halaman Asli

Syaiful bahri

Universitas jember

Aksi Peduli KKN Unej Kembangkan Pemasaran Kerajinan Layangan Kekinian

Diperbarui: 2 September 2021   08:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi


Program pengabdian yang dilakukan ini dinamakan dengan KKN ( Kuliah Kerja Nyata) yang dilakukan oleh Universitas Negeri Jember. KKN tersebut saat ini dinamakan dengan KKN Back To Village 3, yaitu KKN yang dilakukan secara mandiri di desa masing-masing. Salah satu kelompok KKN BTV 3 adalah syaiful bahri dengan DPL Dr. Yudha Nurdian, M. Kes,kelompok 14, melaksanakan KKN di kelurahan nangkaan, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso mulai 11 Agustus hingga 9 September 2021.

“Tujuan utama KKN ini lebih mengembangkan pemasaran yang akan dilakukan dengan online dari produk kerajinan layangan. Saya melihat produk kerajinan layangan tersebut sangat menarik, hanya saja membutuhkan di sisi pemasaran” ungkap syaiful.

Berdasarkan data yang didapat syaiful , Kelurahan nangkaan merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso. Masyarakat kelurahan Nangkaan mayoritas menekuni pekerjaan dalam bidang usaha seperti kerajinan layangan.

Lanjut syaiful , putra dari Bapak Sunardi dan almh. Ibuk kusnati  tersebut telah berdiskusi dengan sasaran dalam program kerjanya yaitu usaha kerajinan layangan

Hal yang melatar-belakangi saya membuat program kerja ini untuk mendukung usaha rumahan agar laku di masa pandemi ini serta membantu sasaran dalam memahami sistem aplikasi sosial media untuk digunakan dalam proses pemasaran” Ungkap syaiful bahri

Syaiful, alumni SMA Negeri 1 Bondowoso yang memiliki hobi olahraga badminton ini, mengatakan bahwa permasalahan utama pada kerajinan layangan ini, kurangnya akses dalam penjualan kerajinan dan kurangnya minat pembeli. Untuk itu syaiful  membantu memasarkan produknya melalui digital marketing serta untuk melakukan promosi

Dalam program ini, saya merancang program kerja yang akan di kembangkan pada KKN BTV III ini terkait pemasaran secara digital yaitu perluasan pemasaran seperti pembuatan logo usaha agar usaha lebih dikenal masyarakat dan pembuatan akun media sosial seperti Instagram dan whatsapp. semua itu dilakukan untuk meningkatkan pendapatan usaha tersebut,” Pungkas syaiful

Mahasiswa asal kota tape ini, telah melakukan pelatihan dan sosialisasi secara offline terhadap sasaran mengenai program kerja yang dituangkan ke dalam canvas tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline