"26% Konsumen Indonesia adalah korban penipuan online" begitu kutipan hasil survey Kapersky Lab dan B2B International yang dimuat di laman situs Uangku.co.id. Bukan tanpa maksud jika situs UANGKU memajang hasil survey tersebut, karena penipuan online sudah memakan banyak korban di negeri ini.
Seorang kawan pernah kehilangan uangnya sebanyak 11 juta rupiah setelah ia berbelanja dari sebuah online shop yang informasinya diperoleh dari media sosial. Awalnya ia tak menaruh curiga sama sekali saat ditawari sejumlah gadget bermerk ternama dengan harga murah oleh sebuah olshop. Karena pengetahuannya yang minim soal keamanan berbelanja di media online iapun langsung mentransfer uangnya sesuai pesanan.
Kurang dari sejam sejak mentransfer uang tersebut, ia kemudian melakukan recheck ke olshop tersebut bahwa ia sudah melakukan pembayaran yang diminta. Tapi apa yang terjadi nomer telepon olshop tersebut tak bisa dihubungi. Email dan segala nomer kontak yang dicantumkan pun sama dan sebangun tak bisa dihubungi. 11 juta rupiah uangnya pun melayang sempurna.
Apa yang dialami kawan tersebut menjadi pelajaran berharga bagi saya dan keluarga saat berbelanja online. Mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai merchant online shop adalah langkah yang biasa saya lakukan sebelum berbelanja. Browsing melalui google atau mendapat referensi informasi dari kawan lain menjadi ritual yang selalu saya lakukan.
Beruntung dalam beberapa tahun terakhir sejumlah e-commerce sudah menempatkan faktor keamanan transaksi pembayaran belanja online sebagai hal yang utama. Jika dulu belanja online langsung berhubungan dengan penjual, maka sistem pembayaran paling kekinian adalah menggunakan akun (rekening) bersama. Pembeli bertransaksi secara online ke rekening milik pihak ketiga. Dana dari pembeli baru disalurkan ke penjual setelah barang diterima oleh pembeli. Dengan metode pembayaran seperti ini konsumen jelas diuntungkan.
Uangku, Solusi Pembayaran Aman
Selaras dengan konsep keamanan transaksi online kini hadir UANGKU yang memiliki fitur Shopping Payment Request. UANGKU adalah sebuah mobile wallet yang dapat digunakan untuk membayar transaksi belanja online di sosial media, instan messenger, dan lain-lain. Dengan menggunakan UANGKU, transaksi pembayaran belanja online menjadi lebih aman dengan jaminan uang kembali.
Bagaimana cara pembayaran menggunakan UANGKU? Sangat mudah, donlod aplikasi UANGKU melalui android. Anda tinggal memilih belanjaan dari online shop terpercaya yang daftarnya ada di aplikasi UANGKU. Setelah pembayaran pesanan dilakukan, penjual akan mengirimkan barang ke alamat yang dituju. Setelah barang diterima pembeli baru penjual mendapatkan pembayaran. Sesimpel itulah proses transaksi dengan menggunakan Shopping Payment Request UANGKU.
Anda tak perlu takut uang yang telah dibayarkan melalui UANGKU bakal hilang sebelum barang diterima dengan baik. UANGKU yang merupakan produk terpercaya dari PT.Smarfren Telecom dan sudah mendapat lisensi resmi dari Bank Indonesia, memberikan garansi penuh pada transaksi belanja online anda .
Apa sebenarnya kelebihan UANGKU dari produk sejenis?
Setiap pembayaran yang dilakukan melalui UANGKU akan dijamin melalui buyer protection, di mana dana yang sudah dibayarkan pembeli akan dikembalikan 100 % jika penjual nakal atau tidak mengirimkan barang. Dengan jaminan ini pembeli akan terhindar dari penipuan yang kerap ditebarkan online shop nakal.