Lihat ke Halaman Asli

Syaifuddin Sayuti

TERVERIFIKASI

blogger, Kelas Blogger, traveller, dosen.

Menjajal Tampilan Beta Kompasiana

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Pagi ini dapat 'hadiah' dari Kompasiana. Begitu buka Kompasiana langsung ditawari kesempatan menjajal tampilannya yang baru. Wow kenapa enggak.

Begitu saya klik... saya nyaris tak mengenali lagi Kompsiana. Begitu berubah, berbeda, totally different. Tampilan halaman depannya lebih simpel dengan sedikit warna, dominan warna putih. Di bagian atas halaman depan jadi lebih sederhana, kanalnya tak sebanyak tampilan yang lama. Jika kita login, maka di ujung kanan atas foto kita akan muncul di halaman depan. Ini berbeda dengan tampilan lama yang hanya nama kita saja.

Perbedaan lain di halaman depan adalah Headline (HL). Kini HL tak lagi berjumlah 5 postingan, tapi ada 12 postingan. Tampilannya berubah setiap sekian detik, per tampilan ada 3 HL. Wah keren nih, artinya kemungkinan postingan Kompasianer jadi HL makin besar. Tidak seperti dulu yang hanya 5 dan kadang bertahan cukup lama, sehingga daftar antriannya relatif panjang untuk jadi HL. 

Untuk kanal rubrik yang dulu bejibun, kini dibuat simpel. Masuk dalam satu kanal Rubrik. Tinggal klik di bagian header akan muncul semua kanal rubrik. Di bagian header kini juga ada yang baru yakni kanal Shop. Mungkin ini untuk lapak jualan merchandise Kompasiana. Kenapa saya bilang mungkin, karena untuk versi Beta belum bisa dilongok alias belum aktif.

Nah, sekarang kita coba masuk ke laman pribadi saya. Begitu kita klik nama kita di halaman depan langsung masuk ke laman pribadi. Sepertinya ini  langsung ke halaman profil, tidak ke halaman dashboard atau pengaturan. halaman pengaturan belum bisa diakses. Halaman pribadi masih mempertahankan tampilannya yang simpel. Foto diri kini dibuat dalam lingkaran, tidak seperti versi sebelumnya yang berbentuk kotak berukuran besar.

Meski lebih menarik, ada yang disayangkan di halaman ini. Data diri kita sebagai kompasianer tak semua ditampilkan, misalnya jumlah postingan yang kita buat sejak pertama kali gabung. Buat saya ini penting untuk melihat rekam jejak kompasianer di Kompasiana. 

Halaman pribadi ini lebih melebar tampilannya, sementara di versi lama memanjang ke bawah. Dan yang unik adalah adanya cover di header halaman kita. Konon cover ini bakalan bisa diganti-ganti sesuai suasana hati kompasianer. Selain itu settingan halaman pribadi ini tampilannya bisa diubah dengan dua pilihan. Pertama, tampilan postingan dengan foto yang kecil. Pilihan lainnya adalah dengan mendisplay gambar/ foto postingan lebih besar. Ini lebih menarik, setidaknya halaman kita jadi tak membosankan.

Masuk ke halaman Write Post. Banyak yang berbeda di sini. Kini tak ada lagi pilihan apakah postingan kita itu opini atau reportase. Kategoripun tak diberikan sedetil versi lama. Misal untuk media tak ada lagi pemisahan apakah media mainstream, tv, atau media sosial.

Okelah kalo gitu, saya belum bisa berkomentar terlalu banyak soal tampilan Beta ini, maklum masih Beta jadi belum semua fitur bisa ditengok. Jadi kita tunggu dulu sampai versi benerannya dirilis.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline