Lihat ke Halaman Asli

Syaifuddin Sayuti

TERVERIFIKASI

blogger, Kelas Blogger, traveller, dosen.

One Stop Page, Inovasi Terbaru Layanan Informasi Perbankan

Diperbarui: 4 April 2017   16:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

One Stop Page di website BCA (gambar: screencapture websites www.bca.co.id)

Inovasi adalah kata kunci yang dilakukan para pelaku industri di segala bidang di era teknologi seperti sekarang ini. Dengan menggenggam inovasi, dunia berasa dalam jangkauan. Seolah dunia hanya milik kita sendiri.

Selain di bidang komunikasi, industri yang kerap menawarkan inovasi adalah bidang jasa perbankan. Mereka tidak hanya tanggap terhadap kemajuan teknologi informasi, namun juga menyerap dan menerapkannya dalam berbagai layanan.

Kita lihat saja dunia perbankan dalam 10 tahun terakhir mengalami perkembangan yang sangat pesat. Layanan perbankan tak lagi manual, tak lagi mengharuskan anda hadir di kantor-kantor cabang hanya untuk bertransaksi perbankan. Bahkan gerai ATM belakangan juga tak serramai dulu lagi, sebab proses transaksi perbankan yang biasa dilakukan melalui mesin ATM kini bisa dilakukan lebih personal di rumah, di jalan, bahkan di puncak gunung sekalipun.

Ya, melakukan transaksi perbankan sembari berselancar di dunia maya kini menjadi hal yang biasa. Terutama bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar. Akses internet yang makin baik di negeri ini, memungkinkan hampir semua transaksi perbankan kini bisa dilakukan hanya dengan sentuhan jari-jemari melalui perangkat (gadget) seperti tablet, smartphone maupun komputer PC.

Hampir semua bank juga sudah melakukan layanan transaksi perbankan pintar melalui internet. Namun tak semuanya menawarkan layanan satu atap (one stop page) dalam website (situs) perbankan mereka.

Saya dibuat terkejut saat mendapati website layanan bank favorit saya sejak masa kuliah yakniwww.bca.co.idsejak Rabu (29/10) berubah tampilannya. Agak pangling dengan tampilannya kini yang jauh lebih fresh dan catchy. Dengan warna dominan biru, website BCA bakal membuat siapapun yang melihatnya langsung jatuh hati.

Perubahan terbesar selain tampilan(look)adalah adanya fasilitas terbaru fitur”pencarian” yang seperti website Google (google like). Fitur yang diletakkan dengan sengaja di bagian tengah situs membuat 'sosoknya' langsung membetot perhatian siapapun yang menyambanginya. Fitur“google like” inimemungkinkan kita bisa mendapatkan informasi layanan perbankan BCA secara mudah dan cepat. Konon fitur ini super canggih dan baru satu-satunya di dunia perbankan nasionalkarena memang didukung dengan engine Google Search Appliance (GSA)

Dalam situs yang beralamat dihttp://www.bca.co.id/ini pengguna akan mudah untuk mencari informasi mengenai fitur produk, jasa, info perbankan, dan aktivitas seputarBank Central Asia in one-stop page. Pengguna akan merasakanGoogle like experiencesaat browsing di bca.co.id.

Oh ya, dengan tampilan barunya ini, situs BCA menyediakan fitur dengan tampilan baru yang lebih simple,nice-to-have, dan memudahkan users untuk mencari informasi seputar BCA dengan lebih mudah.

Bertransaksi Perbankan Kini Makin Mudah

Karena penasaran, sayapun  mencoba sendiri fitur GSA dengan mengetikkan kata kunci(keyword)KPA atau Kredit Pemilikan Apartemen. Kebetulan saya sedang membutuhkan informasi terkit KPA. Dalam hitungan detik sekitar 14 entri mengenai layanan KPA pun langsung bertengger manis di monitor laptop saya.

Tak puas dengan satu keyword, sayapun mencoba dengan beberapa keyword terkenal seperti tahapan BCA, tahapan ekspresi, dan gebyar tahapan BCA. Sayapun mendapatkan banyak informasi berharga terkait keyword yang saya ketikkan.

Cuma itu? Oh, tentu tidak..sembari mencari info layanan perbankan melalui GSA, saya masih tetap bisa mengintip  history rekening pribadi saya melalui kanal yang ada di bagian atas kanan situs. Dan KlikBCA pun siap menanti dijelajahi.

Adanya fitur GSA pada websites www.bca.co.id menurut saya bakal membuat BCA terus bersinar, menjadi pemimpin pasar. Ini artinya bank swasta papan atas ini selangkah lebih maju daripada para pemberi jasa layanan perbankan lainnya. Penyertaan Fitur GSA dalam websites resmi saya prediksi bakal diikuti para kompetitor layanan perbankan lainnnya.

Bagi pengguna layanan perbankan seperti saya, kemudahan dalam layanan adalah harga mati yang tak bisa ditawar-tawar. Sebab memilih menggunakan transaksi elektronika tentunya memiliki pertimbangan khusus. Alasan pertama, tentunya soal waktu. Kegiatan yang padat membuat saya tak cukup banyak waktu untuk sekedar menyambangi gerai bank untuk bertransaksi. Kalau boleh jujur, dalam setahun terakhir jumlah kehadiran saya ke gerai perbankan bisa dihitung dengan jari sebelah tangan.

Layanan elektronik jasa perbankan menurut saya adalah solusi paling tepat. Waktu bisa dipangkas sedemikian rupa. Aktivitas lain saya tetap berjalan tanpa hambatan. Sementara semua transaksi perbankan saya juga tetap berjalan, kendati saya tak lagi punya waktu ke bank.

Alasan kedua, kemudahan bertransaksi. Layanan digital perbankan adalah salah satu alasan karena memberi kemudahan dalam hal pengecekan saldo, transfer antar rekening satu bank ataupun antar bank berbeda patform. Transaksi perbankan digital melalui internet juga memungkinkan saya bisa tetap terhubung dengan dunia luar. Sembari melakukan transaksi perbankan digital, saya masih bisa  berkomunikasi dengan rekan bisnis, teman anggota beberapa komunitas yang saya ikuti.

Persentuhan saya dengan informasi perbankan bakal lebih intens karena kini situs BCA memiliki layanan baru yang cerdas, yang membuat kita bisa melakukannya dari satu halaman situs saja. Selamat datang inovasi “One Stop Page”.


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline