Lihat ke Halaman Asli

Syaidatus Sholihah

Mahasiswa KKN

Mahasiswa PMM UMM membantu mengajar di TPQ Darussalam Desa Pujon Lor

Diperbarui: 30 Juni 2021   22:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung pada Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) gelombang 8 kelompok 26 membantu mengajar di TPQ Darussalam desa Pujon Lor, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Mahasiswa PMM melakukan kegiatan mengajar bertujuan untuk bisa berbaur dengan anak-anak Desa Pujon Lor yang mengaji di TPQ Darussalam tersebut. Kegiatan mengajar ini dilakukan selama 6 hari berturut-turut. Dalam kegiatan mengajar ini, anak-anak (siswa yang mengaji di TPQ Darussalam) sangat antusias dalam menyambut kedatangan mahasiswa PMM UMM. Anak-anak sangat senang dan gembira, terlebih lagi mahasiwa PMM langsung akrab dan mengajak bermain game.

TPQ Darussalam berdiri sejak tanggal 20 Maret 2003, kira-kira sudah 18 tahun. TPQ Darussalam memiliki 8 ruang kelas, 7 kelas diadakan pada sore hari dan 1 kelas diadakan khusus di malam hari. 7 kelas sore diantaranya yaitu Kelas Abu Bakar A jilid 1 & 2, kelas Abu Bakar B jilid 3, kelas Umar jild 4, Kelas Utsman jilid 5, kelas Ali jilid 6, kelas Zaid jilid 7, kelas Bilal (Kelas Al-Qur’an, dan ada satu kelas Funky ( Khusus Al-Qur’an kelas malam). TPQ Darussalam memiliki 9 guru. Di TPQ tersebut murid-murid biasa membayar seikhlasnya perbulan. TPQ Darussalam tidak hanya mengajarkan anak-anak untuk mengaji, tetapi juga mengajak anak-anak untuk sholat Asar jamaah yang dipimpin oleh masing-masing guru kelas.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline