Menurut hasil survey yang dilakukan Populis terhadap 1.000 responden di seluruh Indonesia pada bulan Juli 2022 lalu, masyarakat Indonesia sekarang lebih menyukai produk-produk kosmetik lokal dibandingkan kosmetik dari luar negeri.
Hasil survey tersebut menunjukkan bahwa 54% konsumen memilih produk kosmetik dalam negeri, 11% menyukai produk luar negeri, dan sisanya 35% tidak memiliki preferensi khusus dalam membeli kosmetik.
Hal ini dipastikan (dari hasil survey) karena harga kosmetik lokal yang lebih terjangkau (79%), dan kualitas dari kosmetik lokal tidak kalah bagus dibanding produk terkenal dari luar negeri. Ada pula yang beralasan bahwa kosmetik lokal memiliki manfaat sesuai kebutuhan wanita yang tinggal di Indonesia.
Produk kosmetik lokal saat ini lebih banyak menawarkan jenis perawatan wajah dan tubuh atau biasa disebut skin care seperti: toner, serum, pelembab, body wash, dan body lotion, disamping tetap memasarkan produk kecantikan wajah seperti: bedak, lisptik, maskara, perias alis, maupun perona pipi (blush on).
Jenis produk kecantikan lokal yang paling laris adalah: serum, kemudian lip cream dan lipstik. Data yang disajikan oleh ukmindonesia.id dalam gambar diatas sepertinya masih berlaku hingga saat ini, mengingat saya sendiri paling nggak tahan tiap ada iklan serum, lip cream dan lipstik lewat... selalu kecantol untuk beli dan mencoba... huft. Paling nggak tahan untuk menonton bahkan membeli... hehehe.
Bahkan beberapa merek kosmetik lokal merajai pasar kosmetik dalam negeri yang disangka konsumen sebagai produk luar negeri, karena namanya memakai bahasa asing antara lain: Somethinc, Make Over, Mineral Botanica, Emina, Mizzu, Dear My beauty, Y.O.U, dan beberapa merek lainnya. Adapun klasifikasi produk lokal yang dianggap paling oke ada banyak versi, jadi saya belum bisa sharing dulu tentang apa saja top kosmetik lokal yang patut dibeli.
Apakah pembaca ada yang sudah pernah mencoba produk lokal? Kalau saya sih terus terang banyak memakai produk lokal hehehe... Bedak powder Marc produk dari Kimia Farma sebagai andalan setiap hari. Skin care nya berganti-ganti, biasa korban iklan dan promosi di tiktok.. yang kebanyakan dominasi produk lokal juga.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H