Lihat ke Halaman Asli

Ardiansyah

SMP PLUS ULUMUL QUR'AN AL MUSTOFA

Pengelolaan Rencana Pengawasan dan Evaluasi Pendidikan

Diperbarui: 28 Juni 2024   16:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.tnr.co.id/detailpost/pengawasan-proyek-project-monitoringInput sumber gambar

A. Konsep Dasar Pengelolaan Perencanaan dan Evaluasi Pendidikan

Kegiatan Pengelolaan Perencanaan dan Evaluasi Pendidikan: Pro-gram evaluasi pendidikan yang baik adalah kunci untuk evaluasi program yang efektif. Dengan kata lain, evaluasi harus direncanakan dengan baik. Dalam teori manajemen, perencanaan didefinisikan sebagai "suatu proses pemilihan dan meng-hubung-hubungkan fakta serta menggunakannya untuk menyusun asumsi-asumsi yang diduga akan terjadi di masa mendatang, untuk kemudian merumuskan kegiatan-kegiatan yang diusulkan untuktercapainya tujuan yang diharapkan." Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa perencanaan adalah suatu proses pengambilan keputusan berdasarkan fakta mengenai kegiatan kegiatan yang harus.

B. Analisis Kebutuhan Pengawasan dan Evaluasi pendidikan

Suharsimi, menyatakan bahwa analilis kebutuhan adalah cara yang konstruktif dan bermanfaat untuk melakukan perubahan, yaitu perubahan yang didasarkan pada logika yang rasional sehingga perubahan ini menunjukkan upaya. formal yang secara sistematis menentukan dan mendekatkan perbedaan antara "seperti apa yang ada" dan "seperti apa yang seharusnya" dengan tujuan untuk siswa, kelas, dan sekolah. Kisi-kisi adalah salah satu langkah penyusunan instrumen dan merupakan alat bantu yang paling bermanfaat untuk penyusunan instrumen, jadi kisi-kisi harus disusun secara cermat dan hati-hati. Agar responden tidak salah dalam membantu mengisi instrumen bagi evaluator, jangan lupakan petunjuk pengerjaan. 

C. Menyusun Proposal Pengawasan dan Evaluasi pendidikan

Suharsimi dan Cepi Safruddin, menyatakan bahwa proposal penelitian Pengawasan dan Evaluasi Pendidikan biasanya terdiri dari dua bagian, yaitu pendahuluan dan metodologi. Proposal penelitian apa pun biasanya terdiri dari tiga bagian: pendahuluan, kajian teori, dan metode penelitian, yang dijelaskan sebagai berikut: Pendahuluan, Kajian Teori, dan Metode Penelitian Evaluasi 

D. Membuat Alat Atau Instrumen Pengawasan dan Evaluasi pendidikan

Instrumen sangat penting dalam setiap penelitian karena akan menentukan kualitas data yang dikumpulkan. Kualitas instrumen yang lebih baik sebanding dengan hasil evaluasi. Langkah-langkah untuk membuat instrumen adalah sebagai berikut: menemukan tujuan sebagai objek, membuat kisi-kisi instrumen, dan membuat butir-butir instrumen.

Kegiatan Pengelolaan Perencanaan dan Evaluasi Pendidikan: Program evaluasi yang efektif sangat penting untuk mengevaluasi program. Dengan kata lain, evaluasi perlu direncanakan secara menyeluruh. "Suatu proses pemilihan dan meng-hubung-hubungkan fakta serta menggunakannya untuk menyusun asumsi-asumsi yang diduga akan terjadi di masa mendatang, untuk kemudian merumuskan kegiatan-kegiatan yang diusulkan untuktercapainya tujuan yang diharapkan" adalah definisi perencanaan dalam teori manajemen. Oleh karena itu, perencanaan dapat didefinisikan sebagai suatu proses pengambilan keputusan yang didasarkan pada fakta tentang kegiatan kegiatan yang harus dilakukan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline