Lihat ke Halaman Asli

Ternyata Ini Loh Manfaat KKN Online

Diperbarui: 10 Agustus 2020   12:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: http://dparagon.com/hal-hal-yang-harus-kamu-persiapkan-ketika-akan-kkn/ 

Assalamualaikum wr wb

Halo readers, apa kabar kalian hari ni... semoga selalu sehat dan tetap semangat serta selalu menjaga kondisi tubuh dengan psychal distancing serta selalu menggunakan masker ya readers.

Nah, pada saaat ini, Sebagian mahasiswa di Indonesia, sedang dihebohkan dengan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang diadakan secara online. Khususnya saya sendiri nih readers. Akan tetapi Banyak mahasiswa yang mengeluh dengan program kkn yang diadakan secara online saat, karna dianggap tidak dapat mencapai visi dan misi dari KKN tersebut.

Terlebih lagi, harusnya masa KKN adalah moment yang sangat penting bagi tiap mahasiswa. Karena disinilah mahasiswa akan lepas ke berbagai tempat untuk mengabdi, memahami, dan ikut serta dalam persoalan yang dihadapi oleh masyarakat pada saat itu. Dan tahu gk readers, banyak juga loh yang menjadikan KKN sebagai ajang mencari jodoh. Nah itu sebabnya KKN merupakan moment paling penting bagi  seluruh mahasiswa.

Meskipun KKN selama masa pandemi dilangsungkan secara online, bukan berarti tidak memiliki manfaat sama sekali, justru ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari KKN online ini. Kali ini akan saya uraikan beberapa manfaat KKN onine yang tidak kita sadari:

1. Ruang lingkupnya lebih luas

Kalau biasanya KKN dilaksanan dengan mengirim mahasiswa ke berbagai daerah yang berbeda, dan mengabdi di daerah tersebut, sehingga ruang lingkupnya hanya sebatas daerah tersebut, KKN kali ini meliki ruang lingkup yang lebih luas loh readers, mungkin bisa dibilang sifatnya global.

Karena KKN yang dilaksanakan secara online ruang lingkupnya adalah dunia internet yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat dan seluruh kalangan yang ada. Bukan hanya di Indonesia tapi juga seluruh dunia. Jadi manfaat nya bukan hanya untuk satu daerah, tetapi bisa dinikmati oleh seluruh dunia.

2. Mahasiswa dituntut untuk memahami IT

Karena KKN ini sifatnya online, yang berarti ruang lingkupnya adalah dunia internet, social media seperti Instagram, facebook, twitter, youtube dan lain sebagainya. Maka, secara tidak langsung universitas menuntut agar mahasiswa menjadi super kreatif dan mampu mengelola dunia internet sehingga menjadi mahasiswa milenial yang tidak hanya hebat di dunia nyata, tapi juga di dunia maya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline