Lihat ke Halaman Asli

syahrul gunawan

Mahasiswa UPGRIS

Pembagian Masker kepada Masyarakat Sekitar

Diperbarui: 20 Februari 2021   21:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

 [ PATI ] Syahrul Gunawan Npm 17230089 prodi Pjkr fakultas FPIPSKR kelompok 31 KKN Duta Perubahan Perilaku Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) telah melaksanakan kegiatan pembagian masker pada masyarakat di Desa Sarirejo RT 10 RW 02, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati. 

Kuliah Kerja Nyata adalah kuliah kerja yang program kegiatannya terfokus pada bidang tertentu sesuai dengan permasalahan kemasyarakatan dan arah kebijakan pembangunan yang diselenggarakan pemerintah pada wilayah (kabupaten atau kota) tertentu. 

Sejalan dengan pengertian tersebut mahasiswa KKN UPGRIS tidak terlepas dari fungsinya sebagai mahasiswa. Diharapkan semua mahasiswa dapat mengamalkan ilmunya yang didapat dalam bangku perkuliahan. 

Selain mencuci tangan, memakai masker merupakan bentuk pencegahan dari penularan virus Covid-19. Menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah menjadi hal penting di tengah situasi saat ini. Penerapan jaga jarak (physical distancing) ditempat yang memungkinkan untuk berkumpul seperti pasar, supermarket, dan angkutan umum. 

Apa pentingnya memakai masker ?? 

Masker adalah alat pelindung diri yang dianjurkan oleh pemerintah untuk menekan penyebaran virus Covid-19. Ada beberapa jenis masker yang dianjurkan yaitu masker kain atau masker medis. Masker kain termasuk masker non medis yang dapat dicuci dan dapat digunakan secara berulang. Sedangkan masker non medis adalah masker yang digunakan sekali pakai. 

Pada situasi pandemi masyarakat kesulitan dalam memperoleh masker. Oleh karena itu, salah satu Mahasiswa KKN UPGRIS di Desa Lumbungmas memberikan masker kain maupun masker non medis sebagai bentuk kepedulian terhadap warga masyarakat. Pembagian masker dilakukan secara tatap muka. 

Dengan adanya pembagian masker, diharapkan semua masyarakat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya penggunaan masker sebagai salah satu pelindung diri pada Era New Normal dan secara tidak langsung mendukung pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid-19. 

Saya Syahrul Gunawan dari kelompok 31 bimbingan dari DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) Ibu Yulia Ratimiasih, S.Pd., M.Pd. KKN Duta Perubahan Perilaku UPGRIS 2021 merupakan kolaborasi Ditjen Kemendikbud bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP), Gugus Tugas Percepatan penanggulangan Covid-19, Kementrian Pembangunan daerah Tertinggal, dan Transmigrasi yang dilaksanakan pada tanggal 26 Januari- 26 Februari 2021. 

Program KKN Duta Perubahan Perilaku Covid-19 tahun 2021 merupakan aktualisasi kolaborasi bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Rektor Perguruan Tinggi, Kampus Universitas PGRI Semarang, Duta Perubahan Perilaku, Kementrian Kesehatan.

 

#KKNDUTAPERUBAHANPERILAKU2021

 #KKNUPGRIS2021

 #KAMPUSSEMARANG

 #KAMPUSMERDEKA




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline