Lihat ke Halaman Asli

9 Hal yang Perlu Diperhatikan Seorang Founder dalam Melakukan Scale Up Bisnis

Diperbarui: 9 Maret 2023   16:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Mahasiswa S2 Manajemen Universitas Islam Malang

Setiap orang yang mempunyai usaha tentunya akan terus berjuang untuk bisa membuat suatu produk dalam usahanya dapat diterima oleh market atau pasar dan mampu melakukan penjualan secara terus menerus, seorang pengusaha tentunya menginginkan bisnisnya mengalami scale up tumbuh dan berkembang sehingga menjadi perusahaan yang besar. Maksud dari Scale up sendiri  yaitu membuat suatu perusahaan yang awalnya kecil menjadi lebih besar dengan cara mempunyai suatu sistem dalam perusahaan yang lebih mapan guna dapat menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Mengapa melakukan scale up itu penting, karena pada dasarnya dunia ini selalu mengalami perkembangan yang dimana jika kita tidak mampu mengikuti dan tidak adaptif dalam menanggapi suatu perubahan maka kita akan tenggelam, tidak melakukan scale up berarti kita melakukan penyempitan pasar karena kita tidak mau melakukan suatu perkembangan. Ketika memutuskan untuk melakukan scale up pada suatu bisnis maka bersiaplah untuk berkomitmen secara jangka panjang dan jangan hanya terfokus pada keuntungan jangka pendek akan tetapi berfokus pada pengembangan bisnis untuk menjadi lebih besar sehingga keuntungan tersebut mengikuti atas perkembangan yang telah dilakukan. Buat dan tentukan visi secara jangka panjang.

Perusahaan yang suskses adalah yang mampu mengadopsi perubahan yang ada, mulai dari inovasi, teknologi, layanan pelanggan hingga feedback dari anggota tim dalam setiap lini perusahan. Beberapa point yang harus diperhatikan oleh founder dalam melakukan scale up bisnisnya :

Menjadi Founder Yang Mumpuni

Pada saat bisnis masih dalam kategori skala kecil bagi seorang founder tentunya akan sangat mudah untuk mengontrol maupun melakukan koordinasi kepada tim atau anggota tim yang terdapat di setiap lini. Ketika sudah ulai tumbuh atau mengalami peningkatan pada pegawai, produksi, pelanggan hingga keuntungan yang dihasilkan seorang founder harus merubah gaya kepemimpinannya, karena mengelola karayawan yang sebelumnya sedikit dan mengalami peningkatan tentunya akan berbeda, seorang founder haruslah dapat memberikan pengarahan hingga pelatihan kepada anggota tim guna untuk peningkatan lebih lanjut, tumbuhkan sikap mumpuni agar kolaborasi dengan anggota tim diberbagai lini yang mengalami peningkatan dari jumlah sebelumnya dapat tercipta dan terlaksana dengan baik.

Memberikan Kepercayaan

Sering terjadi pada saat membangun suatu perusahaan sebagai seroang founder cenderung ingin melakukan segala pekerjaan yang ada dan sulit mempercayai orang lain dalam melakukan tugas-tugas pada pekerjaan tersebut. Untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik seorang founder harus dapat memberikan kepercayaan kepada tim yang ada disetiap lini untuk melakukan tugas yang sebelumna dilakukan oleh seroang founder, dengan memberikan kepercayaan akan tugas-tugas tersebut pada tim disetiap lini sebagai seorang founder akan dapat lebih fokus untuk hal-hal yang lebih penting dalam melancarkan proses scale up yang telah direncanakan sebelumnya.

Menciptakan Komunikasi Yang Baik

Sering terjadi ketika suatu perusahaan semakin berkembang masing-masing tim atau devisi disetiap lini perusahaan biasanya enggan untuk malakukan kerjasama antar devisi dan mempunyai kecenderungan membentuk kelompok sesuai dengan tim atau devisinya masing-masing, dalam melakukan scale up tentunya hal demikian harus dihilangkan dan harus mengupayakan untuk menciptakan kolaborasi mengkomunikasikan semua tugas yang ada dengan antra devisi, terkait kendala dan lain sebagainya agar transparansi dalam perusahaan tercipta dan masing-masing devisi pada setiap lini dapat bekerja dengan baik tanpa adanya suatu batasan antar lini, seorang founder juga harus terus menerus menyampaikan visi misi serta target-target yang telah ditetapkan secara jangka pendek amaupun jangka panjang kepada setiap anggota tim.

Menampung Semua Kritikan Dari Anggota Tim

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline