Lihat ke Halaman Asli

Syahronal Nst

MAHASISWA UIN SU MEDAN

Seberapa Pentingkah Matematika?

Diperbarui: 12 Agustus 2020   13:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Berbicara tentang Matematika pastinya semua orang sudah tak lazim dengannya, karena sejak awal kita memasuki usia sekolah, kita diperkenalkan dengan matematika dan bahkan sampai perguruan tinggi, kita sudah belajar yang namanya matematika manfaatnya ialah sebagai modal dasar dalam kehidupan ini.. Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Walaupun begitu, kita tahu bahwa tidak semua orang menyukai dan bisa dalam hal yang berhubungan dengan matematika.

Sebahagian orang beranggapan bahwa matematika itu tidak terlalu penting-penting amat, mereka beranggapan bahwa yang penting hanya penjumlahan dan perkaliaan. Perlu di ketahui bahwa matematika sangat lah perlu untuk dipelajari. Diantara aspek-aspek dimana matematika sangat di butuhkan, yaitu:

Aspek pelajaran

Matematika sangatlah diperlukan dalam segi pelajaran karena ia merupakan pokok dari sebagian pelajaran lainnya. Dengan kita mengerti dasar atau pokoknya kita akan mudah memahami cabang ilmu lainnya, karena sangatlah tidak logis seseorang dapat belajar fisika semetara ia tidak dapat memahami matematika, begitu juga dengan ilmu kimia, ekonomi, akuntansi dll.

Aspek ekonomi

Dalam aspek ekonomi, matematika diperlukan untuk menghitung berapa persentasi untung rugi , ekonomi membutuhkan beberapa operasi hitung dari matematika, dengan operasi tersebut memudahkan untu mencari hasil untung rugi ekonominya. Tidak hanya itu,  matematika juga sangat berperan dalam transaksi perbankan, seperti untuk menghitung besarnya nilai bunga atas pinjaman yang telah dilakukan, untuk menentukan besarnya angsuran dalam jangka yang telah disepakati dan masih banyak lagi kegunaan matematika dalam hal ekonomi yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Aspek agama

Dalam segi agama, matematika juga di butuhkan, khususnya bagi agama islam, karena akan membimbing kita untuk menjalankan suatu kewajiban, seperti hal dalam menunaikan  zakat. Zakat merupakan ibadah yg wajib di tunaikan dengan matematika kita dapat mengetahui berapa banyak zakat yang akan kita keluarkan. Selain itu, ilmu waris juga sangat erat hubungannya dengan matematika, juga kita dapat menentukan berapa besar warisan yang akan ia dapatkan, karena banyak orang yang salah dalam menerapkan ilmu ini.

Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa matematika itu ialah ilmu yang sangat di butuhkan dalam urusan dunia dan urusan akhirat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline