Program Tanggung Jawab Sosial (Corporate Social Respnsibility) merupakan sesuatu yang wajib dilakukak saat ini oleh Perseroan Terbatas. Hal tersebut terdapat dalam Pasal 74 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007, tentang perseroan terbatas mengenai tanggung jawab sosial dimana perusahaan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan serta bagi perusahaan yang tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud dikenai sanksi dengan ketentuan peraturan perundang-undangan (Audina,S. Aruman, 2018).
Penerapan CSR akan berdampak positif bagi kegiatan bisnis perusahaan. Keberadaan perusahaan dapat tumbuh dan berkelanjutan dan perusahaan akan mendapatkan citra yang positif dari masyarakat luas. Aktivitas CSR dapat menjadi elemen yang menguntungkan sebagai strategi perusahaan, dapat memberikan kontribusi kepada manajemen risiko dan CSR ini pula mampu memelihara hubungan yang dapat memberikan keuntungan jangka Panjang bagi perusahaan (Fitriansah, 2015).
Rail Clinic merupakan suatu kebanggaan bagi KAI karena dapat mewujudkan gagasan untuk menghadirkan kereta kesehatan yang mampu dioperasikan ke semua daerahdaerah terpencil/pelosok yang sulit dijangkau oleh kendaraan bermotor dan yang dilintasi jalur kereta api. Rail Clinic ini juga sebagai bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan melalui kegiatan bakti sosial pengobatan gratis dan edukasi kesehatan serta sosialisasi keselamatan perkeretaapian. Kehadiran Rail Clinic tidak hanya dialokasikan di Jawa saja, namun juga dialokasikan di Sumatera.
Sejak diresmikan pertama kali pada 12 Desember 2015, kontribusinya dalam pelayanan kesehatan gratis telah banyak dirasakan oleh masyarakat. Tak hanya dalam pelayanan kesehatan gratis yang terjadwal, Rail Clinic juga siaga dioperasikan untuk membantu evakuasi bencana alam di daerah yang dilintasi jalur kereta api. Untuk kemudahan dalam operasinya, Rail Clinic tidak tergantung lokomotif sehingga pengaturan operasional lebih leluasa karena dilengkapi mesin penggerak sendiri. Inovasi Rail Clinic dari hasil modifikasi kereta rel diesel (KRD) sepenuhnya digarap para teknisi Balai Yasa Yogyakarta bersama Unit Kesehatan dengan fasilitas kesehatan untuk pemeriksaan pengobatan umum, gigi, mata, USG dan apotik/ Depo Obat. Rail Clinic ini juga dilengkapi dengan toilet ramah lingkungan. Dan pada Rail Clinic generasi ke-4 dilengkapi tambahan Rail Library atau kereta perpustakaan yang menyediakan ragam bacaan termasuk e-library dengan ragam konten bacaan digital, hiburan, dan tayangan edukasi.
Corporate Social Responsibility PT KAI Daop 8 Surabaya dalam program rail clinic dapat disimpulkan sebagai berikut :Cause promotion, perusahaan melakukan pemberitahuan dan perizinan kepada pemerintah wilayah setempat. Cause related marketing, dengan menyelenggarakan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat sekitar stasiun. Corporate social marketingdengan edukasi mengenai keselamatan disekitar rel kereta api sebagai bentuk kepedulian perusahaan. Corporate philanthropy, melakukan kerjasama dengan sekolah dasar terdekat. Tujuan memperkenalkan kereta api pada siswa dengan rangkaian gerbong kereta yang unik menarik perhatian mereka. Community valunteering,mengajak para komunitas kereta api, para tim karyawan sertawartawan sebagai media publikasi program Rail Clinic dan activitas socialy responsible bussines practice berlangsungnya kegiatan Rail Clinic di Stasiun Babat Lamongan pada 7 November 2019 disambut antusiasme masyarakat sekitar stasiun dengan baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H