Lihat ke Halaman Asli

Syahrial

TERVERIFIKASI

Guru Madya

Survival Tanpa Wanita di Rumah: 10 Tips Melatih Kemandirian Junior

Diperbarui: 29 Desember 2023   00:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Melatih kemandirian anak laki-laki. Sumber foto: iStock via Canva 

"Jatuh berdiri sendiri lebih bermakna daripada berjalan dibantu terus."

Liburan akhir tahun biasanya menjadi momen spesial bagi keluarga. Sayangnya, istri dan anak putri kami memilih untuk berlibur berdua saja kali ini. Sedangkan saya harus menjaga putra bungsu saya yang baru berusia 12 tahun. Tentu saja ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya sebagai seorang ayah. 

Namun, saya sadar bahwa momen ini sebenarnya menjadi kesempatan bagi saya untuk mendidik kemandiriannya. Sebagai seorang anak laki-laki, sudah saatnya ia belajar untuk tidak selalu bergantung pada ibu dan kakaknya. 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan para ayah untuk mendidik kemandirian pada anak laki-laki saat ditinggal berlibur oleh ibu dan kakak perempuan.

1. Beri Tanggung Jawab Rutin

Salah satu kunci mendidik kemandirian pada anak adalah memberikan mereka tanggung jawab rutin. Misalnya, mintalah anak untuk membereskan tempat tidurnya setiap pagi. Atau menyiapkan pakaian yang akan dipakainya ke sekolah besok. 

Hal-hal kecil seperti ini bisa melatihnya untuk bertanggung jawab. Jangan lupa beri pujian saat ia menyelesaikan tugasnya. Ini akan memotivasinya untuk terus mandiri.

2. Ajarkan Keterampilan Praktis

Selama ditinggal sang ibu dan kakak, cobalah mengajarkan keterampilan praktis padanya. Misalnya, ajarkan dia cara mencuci piring, menyetrika baju, atau memasak nasi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline