Lihat ke Halaman Asli

Syahrial

TERVERIFIKASI

Guru Madya

Siswa Mendapat Nilai Rendah, Begini Cara Guru Membantunya

Diperbarui: 28 Agustus 2023   01:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nilai ujian buruk | Freepik/Kwanchaichaiudom

Guru adalah pelita dalam kegelapan, membimbing siswa menuju cahaya pengetahuan.

Perjalanan pendidikan setiap siswa adalah perjalanan yang penuh warna, di mana mereka menghadapi tantangan dan mencapai kemajuan yang berharga. 

Dalam dunia pendidikan, peran guru adalah sebagai pemandu yang tak ternilai. Ketika siswa menghadapi hambatan dalam belajar, seperti ketika mendapatkan nilai ulangan harian yang rendah, guru hadir sebagai sosok yang memberikan bimbingan yang sangat penting.

Guru bukan hanya mengajar, tetapi juga membantu siswa mengatasi rintangan-rintangan yang menghalangi kemajuan mereka. Salah satu hambatan umum adalah mendapatkan nilai ulangan harian yang rendah. Inilah saat-saat di mana siswa merasakan kekecewaan dan kebingungan. Namun, peran guru di sini tidak hanya terbatas pada memberi pelajaran. Guru berfungsi sebagai sumber inspirasi dan dukungan bagi siswa, membantu mereka memahami dan mengatasi masalah yang ada.

Dalam upaya untuk mengatasi tantangan ini, guru menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung. Mereka mendengarkan cerita setiap siswa, memahami keterbatasan dan potensi mereka. Dengan pemahaman ini, guru merancang pendekatan yang sesuai, seperti sesi pengulangan materi atau bimbingan tambahan. 

Guru juga mengajarkan siswa untuk tidak hanya fokus pada angka, tetapi untuk melihat proses belajar sebagai perjalanan yang berharga. Dengan panduan dan dukungan guru, siswa merasa lebih termotivasi untuk melewati tantangan dan meraih kemajuan yang nyata dalam pendidikan mereka.

Dok. iStock via Canva 

Ketika guru melihat beberapa siswanya mendapatkan nilai ulangan harian yang rendah, langkah pertama yang diambil adalah menganalisis situasi tersebut. Guru tidak hanya melihat angka-angka di kertas, tetapi juga mencari pemahaman tentang mengapa nilai-nilai ini muncul. 

Apakah ada pola kesalahan yang sering terjadi? Apakah ada konsep tertentu yang sulit dipahami oleh sebagian besar siswa? Dengan menganalisis situasi ini, guru dapat merencanakan langkah-langkah yang sesuai untuk membantu siswa memahami materi dengan lebih baik.

Tahap selanjutnya adalah mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh siswa. Setiap siswa memiliki gaya belajar dan kecepatan yang berbeda-beda dalam memahami materi. Beberapa siswa mungkin mengalami kesulitan karena konsep yang kompleks, sedangkan yang lain mungkin merasa kesulitan karena belum cukup mempersiapkan diri sebelum ulangan. Dengan mengidentifikasi faktor-faktor ini, guru dapat merancang pendekatan yang lebih spesifik untuk membantu siswa mengatasi masalahnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline