"Buku bukan hanya sumber pengetahuan, tapi juga sumber inspirasi. Program pojok inspiratif literasi membuka jalan bagi siswa untuk menemukan inspirasi dalam hidup mereka"
Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki peran penting dalam membantu meningkatkan literasi siswa. Program PINTER (Pojok Inspiratif Literasi) merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi siswa.
Menurut data UNESCO, literasi adalah suatu kemampuan yang memungkinkan seseorang untuk memahami, menggunakan, dan berpartisipasi dalam berbagai konteks sosial, ekonomi, dan politik yang melibatkan pemahaman tulisan, lisan, dan digital. Oleh karena itu, literasi merupakan keterampilan yang sangat penting bagi setiap individu, khususnya bagi siswa. Meningkatkan literasi siswa dapat membantu mereka dalam memahami informasi dengan lebih baik, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan berkomunikasi dengan lebih efektif.
Melalui program PINTER, sekolah dapat membantu meningkatkan minat baca siswa dan memberikan akses pada berbagai bahan bacaan. Hal ini dapat membantu siswa untuk memilih buku yang sesuai dengan minat dan minatnya, sehingga mereka lebih termotivasi untuk membaca dan memperdalam pemahaman tentang berbagai topik. Selain itu, dengan adanya program PINTER, sekolah dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berbicara, menulis, dan berpikir kritis melalui kegiatan-kegiatan seperti diskusi buku, lomba menulis, dan lain sebagainya.
Dalam pelaksanaannya, sekolah perlu memastikan bahwa program PINTER dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang optimal bagi siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas program PINTER adalah dengan menyediakan sumber daya dan fasilitas yang memadai. Perpustakaan atau pojok baca perlu dirancang dan diatur sedemikian rupa agar memberikan kenyamanan bagi siswa untuk membaca. Selain itu, perlu ada koleksi buku yang bervariasi, rak buku yang rapi, kursi dan meja yang nyaman, serta pencahayaan yang memadai.
Selain itu, perlu ada dukungan dari para guru dan staf sekolah dalam pelaksanaan program PINTER. Guru dapat memberikan rekomendasi bahan bacaan yang tepat untuk siswa, serta membantu dalam pelaksanaan program-program yang terkait dengan literasi. Melibatkan para guru dan staf sekolah dalam program PINTER juga dapat membantu mempromosikan program PINTER secara lebih luas dan memotivasi siswa untuk terlibat dalam program tersebut.
Mempertimbangkan minat siswa dalam pemilihan buku dan program-program PINTER juga merupakan faktor penting dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam program PINTER. Dengan mempertimbangkan minat siswa, program PINTER dapat lebih sesuai dan menarik bagi siswa, sehingga siswa akan lebih termotivasi untuk membaca dan belajar.
Sekolah perlu melakukan promosi yang baik agar program PINTER dapat dikenal oleh siswa dan orang tua. Promosi yang baik dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti poster di lingkungan sekolah, selebaran yang dibagikan kepada siswa dan orang tua, dan pengumuman di media sosial sekolah. Sekolah juga dapat mengadakan acara launching program PINTER atau kegiatan-kegiatan yang terkait dengan literasi untuk menarik minat siswa dan orang tua.
Namun, promosi yang baik saja tidak cukup untuk menjamin keberhasilan program PINTER. Sekolah perlu mengevaluasi program PINTER secara berkala untuk mengetahui keberhasilannya dalam meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi siswa. Evaluasi dapat dilakukan melalui survei atau kuesioner kepada siswa dan orang tua, serta melihat peningkatan prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dan lainnya yang terkait dengan literasi.