Lihat ke Halaman Asli

Syahrial

TERVERIFIKASI

Guru Madya

Menulis untuk Kompasiana adalah Hiburan Sahur yang Tak Biasa

Diperbarui: 7 April 2023   04:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi menulis untuk Kompasiana. Sumber foto: stock foto Canva 

"Menulis untuk Kompasiana adalah cara untuk memberikan inspirasi pada orang lain dan membahagiakan diri sendiri di bulan Ramadhan"

Hiburan saat sahur memang bisa berbeda-beda untuk setiap individu. Namun, ada beberapa kegiatan yang memang sering dilakukan oleh orang-orang saat sahur, seperti menonton televisi atau membaca buku, berdoa, atau bersantai dengan keluarga. Sedangkan untuk kegiatan menulis, memang tidak semua orang menyukainya, namun bagi sebagian orang, menulis saat sahur bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. 

Selain menjadi hiburan, menulis juga bisa menjadi cara untuk mengekspresikan diri, merefleksikan pengalaman, atau bahkan mencatat ide-ide kreatif yang muncul di pagi hari. 

Beberapa contoh kegiatan menulis yang bisa dilakukan saat sahur antara lain: Menulis diary atau jurnal untuk merekam perjalanan hidup atau pengalaman-pengalaman yang berkesan. 

Menulis cerpen atau puisi untuk mengasah kemampuan menulis dan kreativitas. Menulis artikel atau opini tentang topik-topik tertentu yang menarik perhatian. Menulis rencana atau tujuan untuk hari, minggu, atau bulan ke depan. Menulis ide-ide bisnis atau proyek kreatif yang ingin dilakukan di masa depan.

Sebagai seorang Kompasianer baru yang masih giat-giatnya menulis di platform Kompasiana, waktu sahur ini adalah waktu yang istimewa untuk menulis.Saat masih dini hari seperti saat sahur, pikiran masih jernih, ide menulis masih segar, dan waktu luang yang cukup panjang. 

Oleh karena itu, saya memilih waktu sahur sebagai waktu yang paling tepat untuk menulis. Selain itu, menulis saat sahur juga bisa membantu memanfaatkan waktu dengan produktif, terutama bagi mereka yang tidak bisa tidur setelah makan sahur. 

Menulis saat sahur bisa menjadi hiburan yang menyenangkan, karena waktu yang tenang dan damai pada saat itu bisa membantu seseorang untuk fokus dalam menulis tanpa gangguan. Selain itu, pikiran yang masih segar dan tidak terbebani oleh pekerjaan atau kegiatan lainnya, bisa membantu seseorang untuk lebih kreatif dalam menghasilkan tulisan yang menarik dan bermakna. 

Bagi seorang penulis, menulis saat sahur juga bisa menjadi sebuah ritual yang sangat berarti. Dengan menulis setiap pagi, seseorang dapat membiasakan diri untuk berpikir kritis dan analitis, serta mengasah kemampuan menulis yang semakin terampil. Menulis setiap pagi juga bisa menjadi sebuah bentuk refleksi pribadi, yang memungkinkan seseorang untuk mengekspresikan perasaan atau pikiran yang mungkin sulit diungkapkan secara verbal. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline